3 Cara Mengatasi Gambar Tidak Bisa Dipindah di Word

Di artikel ini saya membuat tutorial bagaimana cara mengatasi gambar yang tidak bisa di pindah-pindah di Microsoft Office Word. Sebelumnya saya juga sering membuat tutorial tentang trik di Microsoft Office Word, salah satunya misalnya saja tentang 3 Cara Cepat Menambah Baris dan Kolom di Tabel Word.

Mungkin ada diantara kita yang pernah mengalami masalah, ketika memasukkan gambar di dalam aplikasi Word, gambar yang kita masukkan tidak bisa di pindah secara fleksibel. Sebenarnya ini bukanlah sebuah masalah, secara default gambar yang kita masukkan di dalam word berstatus In Line with Text.

In Line with Text artinya gambar yang kita masukkan mengikuti garis teks yang kita masukkan.In Line with Text ini sendiri merupakan salah satu bentuk dari Wrap Text. Banyak jenisWrap Text yang tersedia, misalnya saja Square, Tight, Through, Top and Bottom, Behind Text, dan In Front of Text.

Anda tidak perlu pusing-pusing menghapal atau mengerti istilah di atas, untungnya Ms Office telah membuatnya mudah dengan menampilkan sebuah icon. Kita fokus saja dengan solusi dari masalah yang kita hadapi.

Cara 1. Agar Gambar Bisa Dipindah-Pindah di Word

Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara mengatasi gambar tidak mau dipindah secara fleksibel di Ms Word:

  1. Klik pada gambar.
  2. Klik menu Picture Format
  3. Bagian Wrap Text pilih In Front of Text.
  4. Silahkan uji coba untuk memindahkan gambarnya.
Cara Mengatasi Gambar Tidak Bisa Dipindah di Word
Proses mengubah wrap text

Cara 2. Agar Gambar Bisa Dipindah-Pindah di Word

Selain cara di atas, ada lagi acara ke 2 yang lebih ringkas. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Klik pada gambar.
  2. Klik kanan
  3. Klik Wrap Text » In Front of Text.
3 Cara Mengatasi Gambar Tidak Bisa Dipindah di Word |

Cara 3. Agar Gambar Bisa Dipindah-Pindah di Word

Cara ke tiga ini lebih sederhana dari cara ke 1 dan 2. Ini membutuhkan waktu yang singkat dan tidak lama. Saya tidak tau apakah cara ini bisa di terapkan untuk Office model lama, saya saat ini mengujinya di Office 365.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik pada gambar
  2. Pada sisi kanan klik icon Layout Options
  3. Klik icon In Front of Text
3 Cara Mengatasi Gambar Tidak Bisa Dipindah di Word |
Sebenarnya tidak harus In Front of Text, Anda juga bisa memlilih jenis Wrap Text lain, misalnya saja Square, Tight, Through, Top and Bottom, Behind Text, dan In Front of Text. Namun ingat setiap masing-masing jenis Wrap Text mempunyai karakteristik berbeda-beda yang mempengaruhi teks di sekelilingnya.
Di sini saya memilih In Front of Text karena jenis ini tidak mempengaruhi teks yang ada di sekelilingnya.

Penutup

Itulah tutorial cara mengatasi masalah gambar yang tidak bisa diubah secara fleksibel. Sebenarnya tidak ada masalah dengan aplikasi Word, dan ini normal. Yang kita lakukan adalah mengganti jenis format gambar dibagian Wrap Text.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar