Cara Print Header Berulang di Excel

Di artikel ini saya membagikan tutorial mudah bagaimana cara membuat header tabel di Ms Excel dapat tercetak/print berulang tiap halamannya. Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang Cara Cetak Dokumen di Excel Agar Tidak Terpotong.

Mengatur header tabel di excel agar tercetak berulang berbeda ketika mengatur Header Tabel di Microsoft Word Agar Tercetak Berulang. Semuanya sama-sama mudah namun masih sedikit yang belum mengetahui caranya.

Dalam menampilkan sebuah data yang berupa tabel, etisnya ketika data kita di tabel ada banyak maka kita wajib memasukkan header di setiap halamannya. Jadi tabel tidak bisa tampil berdiri sendiri tanpa ada informasi header.

Selain itu, hal ini tentu bisa menyulitkan pembaca ketika ingin melihat dokumen. Jika kita memunculkannya di setiap halaman maka pembaca tidak perlu bolak-balik ke halaman sebelumnya.

Cara Memunculkan Header di Tiap Halaman pada Excel

Sebelum menuju ke tutorialnya, saya berharap Anda sudah menyiapkan dokumen di Excel dan sudah mengetahui dokumen baris mana yang merupakan sebuah Header.

Selanjutnya silahkan ikuti tutorial di bawah ini:

  1. Masuk di menu Page Layout
  2. Klik Print Titles
Cara Print Header Berulang di Excel
  1. Klik icon panah ke atas pada bagian Rows to repeat at top
Cara Print Header Berulang di Excel
  1. Arahkan kursor ke baris dimana itu adalah sebuah header dari tabel.
  2. Kembali klik icon panah ke bawah
Cara Print Header Berulang di Excel
  1. Selesai tinggal klik OK
    • Atau Anda juga bisa langsung klik Print Preview untuk melihat hasilnya.

Penutup

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas seharusnya sekarang baris yang sudah kita atur sebagai Header tadi akan otomatis selalu ada di bagian atas Header saat kita mau cetak atau export dalam bentuk PDF.

Seperti biasa, jika ada yang perlu didiskusikan jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar ya.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar