2 Cara Mudah Translate di Word

Di sini saya memberikan tutorial lengkap bagaimana cara menerjemahkan dokumen di word dengan mudah. Fitur translate di Microsoft Word jarang dimanfaatkan oleh sebagian orang. Padahal fitur ini mempunyai manfaat yang sangat besar. Tidak hanya untuk Word, Microsoft juga mengatakan bahwa Fitur Terjemahkan ini juga saat ini tersedia untuk Excel, OneNote, dan PowerPoint.

Dengan kita melakukan terjemah dokumen di dalam Microsoft Word kita tidak perlu repot-repot untuk bolak-balik ke jendela lain. Karena pada umumnya orang lebih suka dan familiar dengan Google translate. Padahal di Microsoft Word sudah ada fitur sendiri untuk menerjemahkan dokumen. Kita bisa menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa lain, atau bahasa lain ke bahasa Indonesia tanpa repot bolak balik pindah jendela aplikasi.

Fitur terjemahan atau translate dokumen di Microsoft office word menggunakan mesin miliknya Bing. Mesin Bing memang berbeda dengan mesin milling Google translate. Bing dimiliki oleh Microsoft sedangkan Google translate miliknya Google.

Pada artikel sebelumnya saya pernah membuat tutorial tentang 2 Cara Translate File Artikel/Buku dengan Aman. Silakan cek link di atas untuk melihat informasi lebih lanjut.

Versi Office yang Memiliki Fitur Terjemah

Microsoft mengatakan bahwa fitur terjemah dokumen tersedia untuk office mulai dari Office 2010 sampai dengan Office 2019, termasuk Office 365.

Tanpa berlama-lama berikut inilah tutorial bagaimana cara menggunakan fitur translate di Microsoft office word.

Menerjemahkan Per-kalimat di Word

Cara pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan menerjemahkan tiap kalimat. Sebenarnya maksudnya juga bisa perkata, karena metode yang kita gunakan sebenarnya perseleksi kata. Berikut ini langkah-langkah untuk menerjemahkan/translate per-kalimat di word:

  1. Pastikan komputer/laptop Anda harus sudah terkoneksi internet.
  2. Klik Review > Translate > Pilih Translate Selection
Cara Translate di Word
  1. Seleksi kata yang mau di terjemahkan
  2. Pada bagian kanan layar, untuk From biasanya akan mendeteksi bahasa (misal jika kalimat yang kita seleksi menggunakan bahasa inggris, nantinya akan otomatis bahasa inggris), jika tidak terdeteksi silahkan sesuaikan dengan bahasa dokumen.
  3. Pada bagian To silahkan ubah ke bahasa yang kita inginkan, misal bahasa Indonesia.
Cara Translate di Word
  1. Selanjutnya seharusnya Anda sudah bisa melihat hasil terjemahannya.
Ketika kita klik Insert, maka hasil seleksi kita tadi akan otomatis terganti dengan bahasa terjemahan yang kita lakukan tadi.

Menerjemahkan Satu Dokumen Word

Selanjutnya adalah menerjemahkan satu dokumen Word. Cara cukuplah mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pastikan komputer/laptop Anda harus sudah terkoneksi internet.
  2. Klik Review > Translate > Pilih Translate Document.
Cara Translate di Word
  1. Perhatikan pada layar sebelah kanan. Bagian From saran saya biarkan Auto-detect, dan bagian To silahkan sesuaikan mau di ubah ke dalam bahasa apa saja, misal bahasa Indonesia.
Cara Translate di Word
  1. Klik Translate. Tunggulah beberapa saat. Setelah klik translate biasanya nantinya akan membuat lembar dokumen baru tanpa menghilangkan/menimpa dokumen sebelumnya. Dokumen baru itu tadi adalah hasil dari terjemahan kita.

Kesimpulan

Itulah tadi 2 cara menerjemahkan di Word. Kita bisa menerjemahkan tiap kalimat atau kita juga menerjemahkan langsung dalam satu dokumen.

Dengan cara ini pula, biasanya dilakukan oleh beberapa peneliti yang ingin menerbitkan artikel penelitiannya ke dalam jurnal Internasional. Mereka bisa melakukan terjemahan dalam satu dokumen penuh.

Setelah melakukan terjemahan, saran saya untuk di cek kembali. Sekali lagi ini hanyalah mesin, bisa jadi hasil terjemahannya tidak akurat dengan yang kita inginkan.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar