Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Cara Translate File Artikel/Buku dengan Aman

2 min read

Translate File Artikel Bahasa Inggris dengan Mudah

Dalam mencari sebuah referensi tidak jarang kita ditemukan oleh rujukan yang mengarah kepada artikel yang menggunakan bahasa ingris. Tidak jarang juga ketika seorang guru/dosen yang menyarankan untuk membaca buku-buku dari luar negeri yang menggunakan bahasa asing.

Namun karena keterbatasan ilmu bahasa kita, menjadikan kita kurang memahami dari makna artikel/buku tersebut. Sehingga mau tidak mau kita harus menerjemahkan artikel atau buku yang dimaksud.

Sebetulnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menerjemahkan artikel. Pada artikel kali ini saya membagikan dua cara untuk menerjemahkan artikel bahasa asing ke bahasa Indonesia. Ohya file bisa berupa file PDF atau file dokumen lainnya ya. Namun tidak bisa jika menggunakan file gambar. Mungkin dilain waktu akan saja berikan tutorial bagaimana cara menerjemahkan kalimat bahasa inggris yang berasal dari file gambar.

Tutorial

Menggunakan Google Translate

Menggunakan google translate kita bisa menerjemahkan dokumen dengan mudah. Cara ini lebih efektif cepat, karena kita bisa melihat hasilnya secara langsung. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi halaman Google Translate yang alamatnya disini.
  2. Selanjutnya Anda klik menu tab Dokumen, kemudian jangan lupa pilih Anda akan ubah tulisan dalam bahasa apa ke apa. Saya sarankan untuk bagian kiri Anda pilih Deteksi Bahasa, dan sebelah kanan baru Anda sesuaikan dengan keinginan. Selanjutnya baru klik Jelajahi Komputer untuk menunggah file artikel/buku yang akan kita terjemahkan. Selengkapnya silahkan lihat gambar.
Cara Translate File Artikel/Buku dengan Aman |

Jika kedua cara diatas sudah di lakukan maka nanti akan ada opsi Terjemahkan, silahkan Anda klik maka seketika file akan diterjemahkan oleh Google Translate.

Namun sayangnya jika kita menerjemahkan dokumen dengan cara ini, akan sulit untuk menyimpan dokumen yang sudah kita translate. Ada satu cara lagi yang menurut saya lebih baik, karena kita bisa menyimpan file yang sudah kita terjemahkan.

Baca Juga:  Download Kartu Presentasi untuk Anak Santri

Menggunakan Google Dokumen

Seperti yang telah saya jelaskan tadi, cara ini lebih aman dan lebih efektif untuk menyimpan file. Jika suatu saat kita ingin melihat isi dari dokumen tersebut kita tidak perlu repot-repot untuk menerjemahkan lagi. Cara ini juga bagus kita kita ingin menerjemahkan buku, jadi nanti hasilnya langsung kita simpan dan cetak.

Namun sebelum kita melanjutkan, persyaratan utama yang harus Anda miliki adalah akun Google. Karena file yang akan kita terjemahkan nantinya akan kita unggah/upload melalui google drive, jadi pastikan Anda sudah mempunyai akun Google. Ohya saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara membuat akun Google, saya yakin teman-teman sudah bisa dan sudah mempunyai.

Langkah-langkah yang akan kita lakukan ini awal-awalnya mirip seperti langkah sebelumnya dalam Cara Aman Convert File PDF ke Word (.docx). Selanjutnya nanti pada bagian Google Dokumen akan berbeda, untuk selengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Silahkan kunjungi halaman Google Drive, Anda juga bisa klik link di sini.
2. Upload file yang akan Anda terjemahkan. Anda bisa melakukannya dengan cara klik kanan pada halaman Google Drive kemudian Upload file, atau bisa juga dengan cara klik Baru kemudian Upload file.

Cara Translate File Artikel/Buku dengan Aman |

3. Jika sudah ter-upload silahkan doble click atau klik kanan terus Pratinjau pada file tersebut.

4. Klik Buka dengan Google Dokumen. Posisi tombolnya ada di atas halaman pratinjau tadi. Jika sudah Anda klik, maka file yang tadi kita buka akan di bawa ke Google Dokumen.

Cara Translate File Artikel/Buku dengan Aman |

5. Klik menu Alat lalu Terjemahkan dokumen. Menu Alat terdapat di atas, bersebelahan dengan menu Format.

Cara Translate File Artikel/Buku dengan Aman |

6. Pilih terjemahkan dalam bahasa Indonesia. Anda bisa lihat gambar di bawah ini, pada gambar yang saya beri kotak silahkan ubah menjadi Indonesia, selanjutnya klik Terjemahkan.

Baca Juga:  Cara Aman Convert File PDF ke Word (.docx)
Cara Translate File Artikel/Buku dengan Aman |

7. Download File terjemahan. Setelah Anda melakukan langkah ke 6 maka seketika seluruh file langsung diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Lalu bagaimana cara downloadnya? Caranya silahkan masuk di menu File kemudian Download, kemudian silahkan Anda bisa pilih akan di download dalam bentuk apa. Dalam kasus ini saya akan download dalam bentuk file Microsoft Word. Silahkan lihat gambar di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Cara Translate File Artikel/Buku dengan Aman |

Tutorial Video

Jika Anda masih bingung dengan cara-cara diatas, silahkan ikuti saja tutorial video di bawah ini:

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Tinggalkan Balasan