Excel: 2 Cara Mengubah Titik Menjadi Koma atau Sebaliknya

Pada umumnya di Indonesia dalam mengungkapkan bilangan desimal menggunakan tanda pemisah koma (,). Namun tahukah Anda di luar negeri banyak yang mengungkapkan bilangan desimal dengan menggunakan penghubung titik (.). Misalnya di Indonesia mengungkapkan tinggi badan 17,7 m, jika di luar negeri mereka menulisnya 17.5 m.

Nah secara default, jika kita menggunakan Microsoft Office Excel bilangan desimal sudah di tentukan apakah menggunakan titik atau koma. Jika ternyata bilangan yang kita inputkan bukan bilangan desimal, maka excel akan mendeteksi data yang kita inputkan sebagai teks biasa. Sehingga jika data tersebut kita gunakan dalam perhitungan, maka excel tidak bisa memprosesnya.

Anda mungkin pernah mendapati sebuah dokumen dimana kita tidak dapat memproses perhitungan di dalam Excel. Atau mungkin Anda sudah bersusah payah mengetik data bilangan desimal begitu banyak ternyata pemisah desimal yang kita inputkan salah.

Jika Anda mengalami hal tersebut, tidak perlu panik. Di sini saya memberikan solusinya tanpa Anda mengubah data secara satu per-satu.

Mendeteksi Tanda Hubung Desimal Menggunakan Titik Atau Koma

Agar tidak terjadi sebuah kesalahan sebaiknya kita harus mengetahui tanda hubung desimal menggunakan koma atau titik. Cara mengetahuinya sangatlah mudah. Silahkan inputkan saja angka desimal di dalam excel, jika ternyata bilangan tersebut menjadi rata kanan, maka itu tanda hubung dasimal yang benar. Jika ternyata ketika kita inputkan bilangan desimal di dalam excel tetap berada di rata kiri, maka excel menganggap itu hanya teks biasa.

Excel Cara Mengubah Titik Menjadi Koma atau Sebaliknya
Mendeteksi tanda hubung bilangan desimal

Cara 1: Mengubah Tanda Hubung Desimal

Cara pertama yang dapat kita lakukan dalam mengubah tanda hubung desimal adalah dengan mengubah pengaturan secara keseluruhan. Cara ini cukuplah mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Klik File > Options
  2. Klik menu Advanced
Excel Cara Mengubah Titik Menjadi Koma atau Sebaliknya
  1. Ubah tanda hubung separator dengan cara buang ceklis pada bagian Use system separators.
  2. Ubah Decimal separator (pemisah desimal) sesuai dengan yang diinginkan, dan juga ubah Thousands separator (pemisah ribuan) agar bisa membedakan mana yang desimal mana yang bentuk ribuan.
Thousands separator ini maksudnya jika Anda menuliskan angka ribuan, misalnya dalam bentuk mata uang, maka dia akan menggunakan tanda hubung apa.

Cara 2: Mengubah Tanda Hubung Desimal

Cara ini dilakukan jika kita tidak ingin mengubah setingan secara default pada excel. Yang kita lakukan ini adalah mengubah tanda hubung yang sudah ada di dalam data untuk kemudian kita ubah seluruhnya. Biasanya dilakukan jika ternyata kita sudah terlanjur menulis data banyak dan penghubung desimal yang salah.

Untuk melakukan ini caranya sangatlah mudah, konsepnya adalah kita me-replace atau menimpa tulisan desimal yang ada menjadi berubah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Tekan CTRL + H pada keyboard Anda
  2. Pada bagian Find what isikan tanda hubung saat ini yang mau di ubah. Dan pada bagian Replace with tanda hubung pengganti.
Excel Cara Mengubah Titik Menjadi Koma atau Sebaliknya
  1. Klik Replace All untuk mengganti seluruh tanda hubung.

Kesimpulan

Itulah tadi langkah 2 cara mengubah tanda hubung desimal, misal dari titik ke koma atau dari koma ke titik. Cara pertama adalah mengubah setingan langsung, sedangkan cara ke dua mengganti data yang sudah kita buat sebelumnya.

Jika ada yang perlu di diskusikan jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar. Bagikan juga artikel ini kepada teman ada yang membutuhkan.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar