2 Solusi Mengatasi File Download Kosong di OJS 3

Di artikel ini saya membagikan solusi masalah yang kerap di hadapi oleh beberapa pengguna OJS versi terbaru, yaitu OJS 3. Salah satu masalah yang di hadapi adalah file hasil unggahan docx (word) oleh penulis/author ketika di download menjadi blank atau tidak ada isinya (kosong). Jika diperhatikan, ketika file di download, file tersebut juga tidak memiliki ukuran, atau 0 Kb.

Masalahnya kasus ini ditemui tidak hanya satu submission saja, namun semua submission. Jika ini di biarkan saja tentu sangat menggangu, karena editor tidak dapat melihat isinya sehingga tidak bisa memutuskan apakah artikel akan di tolak atau di teruskan di reviewer. Selain itu jika file ini dibiarkan tentu saja reviewer tidak dapat melihat isinya.

Mengapa File Word di Download Isinya Kosong?

Mengapa file word dari author ketika di download isinya blank/kosong? Hal ini perlu untuk diketahui oleh Anda. Masalah ini bukan karena installer OJS yang bermasalah, namun karena pengaturan server kita dibatasi. Sebagian pemilik server/hosting membatasi beberapa pengaturan sehingga menyebabkan adanya crash di beberapa aplikasi sistem. Mereka melakukan hal tersebut biasanya bukan tanpa sebab, namun untuk menghindari dari serangan peretasan.

Nah di sini saya memberikan solusi dalam mengatasi hal tersebut. Setidaknya ada 2 solusi dalam mengatasi hal ini. Solusi pertama cukup menggunakan akun editor jurnal, namun solusi ini tidak bisa mengatasi sepenuhnya hanya saja bisa dilakukan sementara. Dan solusi kedua menggunakan akun yang bisa untuk mengakses ke server, misalnya akun CPanel.

Cara 1: Download All Files

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, solusi ini hanya mengatasi sementara. Setidaknya agar bisa membaca file tersebut. Caranya cukup mudah, kita jangan mendownlaod file tersebut di dalam file name, namun kita klik pada bagian Download All Files. Kurang lebih berikut tampilan download yang harus di klik:

Mengatasi File Download Kosong di OJS 3

Nantinya file yang download adalah file ZIP, kita perlu mengekstraknya untuk melihat isi filenya.

Cara 2: Mengganti Function fpassthru

Solusi ke dua ini yang lebih saya rekomendasikan, karena bisa mengatasi semuanya. Seperti yang saya jelaskan tadi jika ada sebagian fungsi yang di nonaktifkan oleh pengguna server, yaitu function fpassthru. Salah satu hosting yang disable fungsi ini adalah hosting miliknya Rumahweb.

Rumahweb mengatakan bahwa:

fungsi readfile() dan fpassthru(), dimana kedua fungsi ini termasuk dalam disable function PHP pada server hosting (shared) di Rumahweb.

Solusi untuk mengatasi permasalah ini adalah dengan mengganti function tersebut dengan function lain yang memiliki fungsi yang sama.

Rumahweb

Masalah ini tidak hanya terjadi di OJS saja, namun juga di alami oleh Moodle. Di OJS sendiri menggunakan function fpassthru. Sehingga fungsi tersebut harus kita ganti yang memiliki fungsi yang sama, yaitu stream_get_contents().

Untuk lebih langkapnya berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Login di direktori server (Misal login CPanel).
  2. Masuk di Filemanager dan pastikan masuk di direktori Jurnal.
  3. Silahkan edit file PKPFileService.inc.php yang berada di direktori /lib/pkp/classes/services/
  4. Cari fungsi fpassthru dengan cara tekan di keyboard CTRL + F kemudian masukkan fpassthru dan Enter
  5. Ganti fpassthru menjadi echo stream_get_contents. Berikut ini sebelum dan sesudahnya:

Sebelum:

fpassthru($this->fs->readStream($path));

Sesudah:

echo stream_get_contents($this->fs->readStream($path));
  1. Selanjutnya klik save

Setelah langkah di atas, silahkan coba lakukan download file word di submission. Seharusnya sekarang sudah normal.

Kesimpulan

Itulah 2 cara bagaimana cara mengatasi file word kosong saat mendownload. Saya lebih menyarankan menggunakan cara ke dua, sehingga bisa mengatasi masalah tidak hanya masalah di submission, namun di bagian halaman lainnya juga.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar