Mudah Cara Instal SISTER di Cloud Server (VPS)

Pada tutorial kali ini saya membagikan solusi bagai institusi Anda yang belum memiliki server SISTER sendiri, sehingga server dapat di simpan melalui Cloud tanpa mempunyai server fisik.

Ini adalah postingan saya ke dua mengenai SISTER, sebelumnya adalah tentang Solusi Lupa Password Akun SISTER Dosen.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, SISTER atau kepanjangan dari Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi sudah menjadi sebuah hal yang wajib harus di miliki oleh perguruan tinggi di bawah Kemendikbud (dulunya Kemenristekdikti).

Sayangnya SISTER ini secara default hanya dapat di instal melalui server fisik, yang artinya setiap institusi wajib memiliki server di kampusnya, agar mudah di akses oleh para dosen.

Kendala SISTER pada Umumnya

Pengalaman saya, ini sangat menyusahkan bagi sebagian institusi yang mempunyai kekurangan dalam mengetahui sistem jaringan server. Bahkan jika institusi yang berada di jangkauan luar, seperti di daerah yang masih kurang maju. Kendala mati listrik akan sering di temui, yang akhirnya penggunaan SISTER menjadi sulit untuk di maksimalkan. Belum lagi, jika harus melakukan konfigurasi jaringan lagi dari awal.

Bagi seorang dosen, kebutuhan sebuah SISTER menjadi sebuah hal yang sangat penting. Sistem pengajuan sertifikasi dosen dan kepangkatan, hanya bisa di verifikasi dan diajukan melalui SISTER. Sehingga jika SISTER tidak dapat di digunakan, maka dosen akan sangat tertinggal.

SISTER di Cloud Server

Pada artikel ini, saya membagikan informasi yang insyaAllah berguna bagi Anda. SISTER dapat dengan mudah kita pasang di Cloud Server. Karena server berada di Cloud, artinya 99% server di jamin bisa selalu on, dan tidak pernah mati.

Cloud server yang digunakan berbasis VPS (Virtual Private Server). Meskipun ini menggunakan VPS, bagi Anda yang kurang berpengalaman mengelola VPS insyaAllah tidak menjadi kendala. Karena konfigurasinya cukup mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

SISTER di IDCloudhost

IDCloudhost merupakan salah stu perusahaan hosting terbaik yang saat ini menjadi solusi permasalahan kita. IDCloudhost menyediakan Virtual Machine yang sudah tersedia aplikasi katalog SISTER.

Cara Instal SISTER di Cloud Server (VPS)
Aplikasi Katalog SISTER di IDCloudhost

Dengan adanya katalog SISTER yang sudah di sediakan, ini artinya kita tidak perlu mendownload aplikasi SISTER lagi yang ukurannya bergiga-giga. Kita juga tidak perlu lagi repot-repot mengurusi jaringan, karena setelah instalasi, SISTER sudah langsung dapat kita akses malalui publik.

Biaya Penyewaan VPS untuk SISTER

Karena kita sistemnya meminjam tempat, maka tentunya ada biaya penyewaan server. Katalog aplikasi SISTERnya sendiri gratis dan tinggal pakai, jadi hanya biaya penyewaan saja.

Biaya yang di tawarkan sangatlah bervariasi, dari yang paling murah sampai dengan yang sedang atau ada juga yang mahal. berikut ini daftar list biayanya:

Cara Instal SISTER di Cloud Server (VPS)
Biaya penyewaan server

Lalu selanjutnya kita pilih paket yang mana?

Hal ini sebetulnya tergantung dengan kubutuhan. Maksud saya, ada berapa kira-kira jumlah orang yang akan mengakses maksimal bersamaan server ini. Jika ternyata hanya sedikit, Anda bisa memilih paket yang paling murah itu sudah lebih dari cukup.

Pengalaman saya sendiri, dosen ada kurang lebih 50, dan saya bisa memilih paket yang paling murah, yaitu Rp50.000/bulan. Ya, paket paling rendah sudah mendapatkan 1 CPU, 1 GB RAM, dan 20 GB DISK.

Sistem Pembayaran

Jika bicara sistem pembayaran, di IDCloudhost cukuplah mudah. Bahkan ini yang saya suka, yaitu sistem pembayaran/penarikan biayanya perjam. Jadi ketika pertama kali top up saldo (minimal 50rb) uang tidak langsung terpakai. Dengan kata lain Anda bisa coba-coba dulu untuk memastikan bahwa server benar-benar bisa berjalan dengan lancar.

Untuk pembayarannya cukup banyak opsi. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa sistem pembayaran yang dapat Anda pilih:

Cara Instal SISTER di Cloud Server (VPS)
Beberapa sistem pembayaran penyewaan server

Dalam list gambar di atas memang belum ter-screenshot semua, masih ada beberapa opsi pembayaran lainnya, misalnya saja OVO.

Proses Instalasi SISTER di Cloud Server

Jika Anda sudah mengetahui penyedia aplikasi SISTER, kini saatnya kita melakukan proses instalasi. Proses ini sangatlah mudah, cepat dan tidak membutuhkan waktu lama. Proses yang membutuhkan waktu lama biasanya pada saat singkronisasi data. Tapi tahap instalasi hanya membutuhkan waktu beberapa detik.

Baiklah berikut ini langkah-langkahnya:

1). Kunjungi Console IDCloudhost. Ata bisa Anda akses di https://console.idcloudhost.com/

2). Lakukan proses pendaftaran seperti biasanya dengan cara Create an account

3). Saya anggap Anda sudah malakukan pendaftaran dan login di akun. Selanjutnya silahkan lihat langkah berikutnya.

4). Bagian Choose type klik App Catalog

5). Bagian Choose OS pilih Sister.

6). Bagian Choose size, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Tenang, ini bisa di tingkatkan jika kurang. Hanya saja jika sudah di tingkatkan tidak bisa di kembalikan.

7). Pada bagian Location bisa di sesuaikan dimana saja untuk lokasi server. Yang penting di Indonesia.

Cara Instal SISTER di Cloud Server (VPS)
Cara instalasi awal SISTER di VPS

8). Bagian Public IP pastikan sudah tercentang

9). Billing account silahkan Anda isikan, jika belum terbuat Anda bisa membuatnya dulu dengan klik Add new.

10). Bagian Username dan Password silahkan isikan sesuai dengan kebutuhan. Akun username dan password ini nantinya digunakan untuk mengakses SSH. Meskipun nanti saat SISTER terinstal akses SSH sebetulnya tidak terlalu di gunakan, kecuali mau konfigurasi server lebih lanjut.

11). Bagian SSH silahkan kosongkan saja jika Anda tidak begitu paham maksudnya. Ini biasanya di pakai untuk mengakses SSH dengan kunci buatan dari kita.

12). Bagian Resource name, silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini:

Cara Instal SISTER di Cloud Server (VPS)
Konfigurasi akun VPS

13). Klik Create

14). Tunggu hingga prosesnya selesai.

15). Setelah proses selesai silahkan akses Public IP di browser. IP Publik dapat Anda lihat pada bagian ini:

Cara Instal SISTER di Cloud Server (VPS)
IP Publik dapat dilihat pada gambar berikut

Berikut contoh hasilnya:

Cara Instal SISTER di Cloud Server (VPS)
Akses SISTER menggunakan IP Publik

Tutorial Video

Jika proses di atas masih membuat Anda bingung silahkan lihat video berikut:

Penutup

Artikel ini hanya membahas tutorial hanya sampai kepada instalasi SISTER di Cloud Server. Tidak sampai kepada konfigurasi perguruan tinggi. Untuk konfigurasinya silahkan melihat pada panduan yang sudah di berikan oleh SISTER Kemendikbud

Jasa Instalasi SISTER di Cloud Server

Jika Anda membutuhkan jasa instalasi server SISTER di Cloud Server. Anda dapat menghubungi saya dengan nomor Whatsapp berikut:

+62812-7868-7449 (Thoha Firdaus)

Biaya jasa instalasi cukup membayar Rp.500.000

Saya juga bisa bantu konfigurasi DNS, dari IP Publik menjadi domain kampus. Misal dari alamat nomor IP menjadi domain sister.universitas.ac.id.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar