Baru! Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Pada artikel ini saya menunjukkan kepada kalian bagaimana cara menghilangkan garis berwarna merah (atau biasanya juga ada yang berwarna biru) yang biasanya tampil di dalam beberapa kata pada Microsoft Office Word.

Sebelum saya menunjukkan bagaimana cara menghilangkannya, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu mengapa ada garis merah di setiap kata. Apakah ini merupakan fitur, jika iya fitur apa ini?

Mengapa Ada Garis Berwarna Merah pada Setiap Kata di Ms. Word?

Jika Anda tau, sebetulnya fitur ini sangat bermanfaat sekali bagi kita untuk mengecek apakah kalimat kita, atau huruf-huruf yang ada di dalam dokumen kita sudah benar atau belum. Jadi setiap yang berwarna garis merah artinya ada kesalahan ejaan atau kesalahan dalam penulisan kata.

Lalu mengapa hampir semua kata di Ms Word kita berwarna merah? Padahal jelas-jelas tulisannya sudah benar.

Karena secara default, ketika kita membuka Ms Word untuk pertama kalinya, setingan yang tersimpan di dalam Ms Word menggunakan bahasa inggris. Sehingga beberapa kata bahasa Indonesia di Ms Word terdeteksi sebagai kesalahan ejaan atau kesalahan kata.

Untuk mengatasi hal tersebut kita perlu untuk mengaturnya agar setingan ejaan bahasa yang di tampilkan di dalam Ms Word sama dengan ejaan yang ada di dalam bahasa yang kita tulis di dalam dokumen, misal bahasa Indonesia.

Cara 1. Mengubah Setingan Ejaan (grammar) Menjadi Bahasa Indonesia

Cara pertama yang bisa kita lakukan agar tulisan kita tidak ada garis merah adalah dengan menyesuaikan bahasa ejaan (grammar) yang kita buat.

Misalnya dokumen kita seluruhnya menggunakan bahasa Indonesia, maka kita harus mengubah grammar nya menggunakan bahasa Indonesia. Berikut ini langkah-langkahnya:

1). Block seluruh dokumen. Atau bisa dengan menekan di keyboard CTRL+A

2). Ubah bahasa grammar dengan cara klik pada bagian bawah jendela yang biasanya bertuliskan English (United States).

3). Pada panel Language silahkan pilih Indonesia, lalu klik OK. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut:

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word
Cara menyamakan bahasa grammar dengan tulisan yang kita buat

Jika cara di atas sudah Anda lakukan, seharusnya seluruh kalimat yang berbahasa Indonesia, garis merah di bawah kata akan hilang . Jika masih ada yang merah biasanya ada kesalahan dalam ejaan atau kata tersebut berbahasa Inggris.

Mengatasi Kesalahan Ejaan Kata di Word dengan Cepat

Untuk mengatasi salah dalam kata atau ejaan kata, Anda tidak perlu mengetik ulang. Ada fitur yang bisa Anda manfaatkan di dalam Ms Word. Kita hanya cukup klik kanan pada bagian kata yang masih berwarna merah selanjutnya pada bagian Ejaan silahkan Anda pilih ejaan yang sesuai. Silahkan lihat contoh di bawah ini:

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word
Mengatasi kesalahan ejaan pada kata di word

Mengabaikan Kata Bahasa Asing

Pada sebagian kata yang menggunakan bahasa Asing, biasanya ada tulisan yang masih bergaris bawah merah. Hal ini wajar karena Word sudah kita seting hanya mendeteksi ejaan yang menggunakan bahasa Indonesia.

Selain itu ada juga beberapa kalimat yang secara ejaan bahasa Indonesia sudah benar, namun Ms Word masih mendeteksi garis merah. Hal ini juga wajar, karena Ms Word hanya mesin dan buatan manusia yang kadang luput dari kesalahan.

Nah untuk mengatasi hal tersebut kita bisa melakukan pengabaian dengan beberapa kata yang di maksud. Yaitu dengan cara klik kanan pada bagian kata bahasa asing yang masih bergaris warna merah, lalu klik Ignore All. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di bawah ini:

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word
Mengabaikan kata Asing yang masih bergaris bawah merah

Cara 2. Menghapus Garis Warna Merah di Word dengan Masal

Mungkin ada sebagian orang yang benar-benar tidak menyukai warna merah ini muncul pada setiap kata. Atau misal mungkin kita sudah merasa tulisan kita sudah benar semua ejaannya. Atau mungkin juga kita tidak mau repot-repot melakukan Ignore All satu-satu, maka alternatifnya kita bisa melakukan ini dengan masal.

Artinya kita bisa menyembunyikan setingan warna merah tersebut di word, sehingga garis warna merah itu tidak lagi muncul di dokumen kita.

Sebelum saya melanjutkan ke langkah-langkahnya, saya ingin disclaimer jika pada tutorial ini saya menggunakan Microsoft Office 365. Sepertinya tidak jauh berbeda dengan tampilan yang ada pada Ms Office 2010 ke atas, termasuk Office 2013, Office 2016, dan Office 2019. Untuk Ms Office 2007, mungkin tampilan agak sedikit berbeda, namun pada hakikatnya langkah-langkah nanti mungkin bisa menjadi gambaran ya...

Untuk menyembunyikan/menghilangkan garis warna merah pada setiap kata di Ms. Word, berikut ini langkah-langkahnya:

1). Klik menu File. Letaknya di kiri atas.

2). Klik menu Options.

3). Klik menu Proofing, yang letaknya di sidebar kiri.

4). Scroll ke bawah dan silahkan centang pada bagian:

  • Hide spelling errors in this document only
  • Hide grammar errors in this document only

Tujuannya adalah untuk menyembunyikan kesalahan ejaan dan kesalahan tata bahasa.

5). Pada bagian Eceptions for, silahkan ditentukan mau diterapkan ke pada dokumen mana. Jika Anda memilih All New Documents artinya settingan ini akan di terapkan ke semua dokumen Anda.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word
Cara menghilangkan masal garis bawah merah di word

Tutorial Video Menghilangkan Garis Merah di Word

Jika masih bingung dengan tutorial di atas, silahkan tonton video berikut ini:

Kesimpulan

Setidaknya ada dua cara bagaimana menghilangkan garis berwarna merah yang biasa tampil di setiap kata pada aplikasi Microsoft Office Word. Cara pertama adalah dengan mengubah atau menyesuaikan settingan grammer yang ada di word agar sama dengan bahasa yang ada pada tulisan yang ada di dokumen.

Cara kedua adalah dengan menghilangkan secara masal garis warna merah tersebut, yang artinya kita tidak lagi bisa melihat kesalahan tulisan yang ada pada dokumen kita.

Saya sendiri lebih merekomendasikan untuk melakukan cara pertama, yaitu dengan menyesuaikan settingan grammer dengan tulisan yang ada di dokumen kita. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan kata atau kesalahan ejaan dan tata bahasa.

Bayangkan jika kita kita di hadapkan sebuah dokumen penting, dan kita di minta untuk benar-benar tidak boleh ada kesalahan pada tulisan. Dengan kita melakukan cara pertama, kita jadi bisa mengetahui setiap kata yang salah pada dokumen kita.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar