Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS

Apa itu Static Pages?

Jika kita artikan ke dalam bahasa indonesia kita bisa mengetahui bahwa Static Pages artinya adalah halaman statis. Lalu apa itu halaman statis di dalam OJS? Dan apa gunanya?

Page/halaman tentu saja Anda tau, biasanya di dalam dunia per-Web-an halam/page yang di maksud adalah sebuah ruang yang dimana kita mengisi sebuah konten yang Ada di dalamnya. Halaman statis sudah tentu dia mempunyai sebuah alamat, dalam hal ini maksudnya adalah alamat link. Biasanya halaman statis di OJS digunakan untuk mengisi informasi-informasi tambahan yang dibutuhkan oleh pengunjung atau author yang pada defaultnya OJS sendiri belum memberikan informasi.

Dikarenakan setiap halaman mempunyai alamat link khusus sendiri, ini biasanya dimanfaatkan oleh pengembang web OJS untuk sebagai arah tujuan dari sebuah menu tambahan. Jika Anda tertarik ingin tau bagaimana cara membuat navigasi menu tambahan di OJS, Anda bisa ikuti tutorialnya di Tutorial Lengkap Membuat Menu Navigasi di OJS dengan Effek CSS. Saya telah buatkan tutorial bagaimana membuat menu navigasi tambahan di OJS 2 maupun OJS 3.

Baiklah tanpa membuang-buang waktu berikut ini adalah tutorialnya:

Tutorial Membuat Halaman Statis di OJS 3

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu saja harus login di website OJSnya. Anda bisa login sebagai jurnal manager maupun sebagai editor.

2. Sebelum membuat halaman statis, pastikan Anda telah mengaktifkan terlebih dahulu pluginnya. Jika ini tidak di lakukan mana menu Static Page tidak akan tampil. Untuk mengaktifkan pluginnya silahkan masuk di menu Setting => Website. Kemudian pada bagian menu tab silahkan klik Plugins lalu pilih Installed Plugins.

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

3. Silahkan scroll ke bawah dan cari pada bagian Generic Plugins, di sana akan ada pengaturan Static Pages Plugin. Silahkan ceklis di bagian kanannya.

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

4. Jika ceklis sudah Anda lakukan, seharusnya saat ini Anda sudah bisa melihat halaman statis. Silahkan scroll ke atas lagi dan lihat sebelah menu tab Plugins akan ada tambahan menu yang namanya Static Page. Silahkan Anda masuk saja di halaman Static Page.

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

5. Untuk memulainya kita klik Add Static Page di bagian sebelah kanan halaman tersebut. Selanjutnya Anda akan di hadapkan sebuah tampilan kurang lebih seperti gambar dibawah ini:

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

Ada 3 bagian yang harus Anda isi, yaitu Path, Title, dan Content. Seluruh bagian sudah saya beri tanda merak kotak pada gambar. Akan saya jelaskan untuk setiap bagian-bagiannya, namun akan saya mulai dengan bagian Title.

  • Title: Diisi dengan judul halaman Anda, dalam kasus ini saya mengisinya dengan Publication Ethic.
  • Path: Adalah nama yang semisal dengan Title, boleh beda si, ini hanya mewakili halaman URL statis. Namun sebaiknya mirip dengan Title agar tidak membingungkan. Pada bagian Path ini sebaiknya tidak menggunakan “spasi”, jika memang mengharuskan maka bisa mengganti spasi dengan tanda “-“.
  • Content: Bagian ini jelas dimana Anda akan mengisikan konten dari halaman tersebut.

Jika semua sudah diisi, silahkan klik saja Save.

6. Jika sudah Anda simpan seharusnya halaman statis yang sudah kita buat akan tertambahkan. Selanjutnya untuk melihat halaman yang sudah kita buat Anda bisa klik saja pada bagian Path, dalam contoh saya ini adalah yang seperti saya beri tanda kotak merah. Jika Anda ingin mengedit/mengubahnya lagi Anda bisa klik edit, namun sebelumnya Anda klik tanda segitiga kecil di samping kiri seperti gambar yang diberi anak di bawah ini.

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

Alamat URL Phat ini juga yang biasanya sering kita gunakan untuk membuat menu navigasi tambahan di OJS.

Lalu bagaimana dengan OJS 2?  berikut ini saya berikan tutorialnya

Tutorial Membuat Halaman Statis di OJS 2

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan silahkan login di OJS Anda. Anda bisa login menggunakan akun jurnal manager. Lalu silahkan klik Journal Manager.

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

2. Sebelum membuat halaman statis, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu plugin static page. Jika ini tidak kita aktifkan, maka menu Static Page tidak dapat terlihat. Caranya silahkan masuk di System Plugins.

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

3. Jika sudah silahkan Anda cari Generic Plugin, plugin Static Page ada di dalam menu ini, silahkan Anda klik saja.

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

4. Jika sudah Anda klik silahkan Anda cari plugin dengan nama Static Page Plugin. Pada bagian bawah menu silahkan klik saja Enable

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

5. Selanjutnya di halaman yang sama, maka tampilan menu di bagian Static Page Plugin akan berubah, di sana akan ada menu EDIT/ADD CONTENT, silahkan klik saja bagian menu tersebut.

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

6. Jika sudah akan tampil halaman manajemen static page, untuk menambahkannya silahkan klik saja ADD NEW PAGE.

Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS |

– Penjelasan selanjutnya penjelasannya sama seperti pada tutorial di OJS 3 nomor 5 sampai 6.

Itu tadi tutorial cara membuat halaman statik di OJS 3 dan OJS 2, mudah-mudahan dapat membantu Anda dalam memahami OJS. Jika ada yang mau di diskusikan silahkan bisa di kolam komentar.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Satu pemikiran pada “Membuat Static Pages/Halaman Statis di OJS”

Tinggalkan Balasan