WPS Office dengan Mendeley dan Zotero?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa WPS Office merupakan aplikasi kantoran yang sangat menarik tampilannya. Jika anda sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office maka tampilan WPS Office sudah tidak asing lagi, sangat mirip sekali. Namun apakah tampilan cukup untuk memenuhi kebutuhan kita semua?

Sebagai seorang peneliti kita tentu tidak terlepas dari sebuah aplikasi Office. WPS Office sebetulnya merupakan pilihan terbaik agar bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan penelitian. Akan terasa lengkap lagi kalau WPS ini terinstal aplikasi referensi manager seperti Mendeley maupun Zotero. Biasanya Mendeley maupun Zotero mengintegrasikan nya melalui plugin.

Pertanyaan

Pada artikel kali ini saya tidak akan panjang lebar untuk menulis. Saya hanya ingin menjawab tentang sebuah pertanyaan mengenai:

Apakah WPS Office bisa support dengan Mendeley dan Zotero?

Jawaban WPS telah merilis sebuah pernyataan di dalam beritanya mengenai sitasi atau kutipan. Informasi dapat Anda lihat disini. Di dalam pernyataanya dia menulis:

There is currently no specific function for creating citations in WPS Office. Similar to Microsoft Word, it can create footnotes, but it does not have the built-in capacity for forming citations in a specific academic style. Unlike other popular word processing programs, there are no citation templates in WPS Office. Therefore, the only thing to do is to learn the citation style you need, or keep a reference sheet or book handy, and make your citations manually.

Yang kurang lebih kalau di terjemahkan menjadi:

“Saat ini tidak ada fungsi khusus untuk membuat kutipan di WPS Office. Mirip dengan Microsoft Word, ia dapat membuat catatan kaki, tetapi tidak memiliki kapasitas bawaan untuk membentuk kutipan dalam gaya akademik tertentu. Tidak seperti program pengolah populer lainnya, tidak ada template kutipan di WPS Office. Oleh karena itu, satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah mempelajari gaya kutipan yang Anda butuhkan, atau menyimpan lembar referensi atau buku praktis, dan membuat kutipan Anda secara manual. “

Saya menafsirkan bahwa jelas WPS Office saat ini memang tidak bisa support dengan referensi manager seperti Mendeley dan Zotero

Mengapa demikian?

Didalam form Zotero ini pernah didiskusikan, beberapa pengguna Zotero banyak yang berharap bisa dapat dukungan referensi manager. Namun sepenuhnya kesalahan bukan ada di Zotero atau aplikasi referensi manager lainnya, namun ada di WPS Office. Dijelaskan dalam sebuah forum tersebut bahwa WPS tidak memiliki API yang terdokumentasi, tanpa API yang terdokumentasi, Zotero tidak bisa membuat plugin untuk WPS yang dapat digunakan oleh sejumlah besar pengguna.

Apakah selamanya akan tetap tidak bisa?

Jangan khawatir, WPS menyebutkan bahwa kemungkinan citasi akan ada di edisi datang, kurang lebih seperti ini pernyataan nya:

..Some academics have made official requests to the suite’s parent company to add citation templates, making this a feature that may be added in future editions..

Ya, future edition.. Namun entah sampai kapan saya juga kurang tau. Sedangkan pernyataan tersebut sudah di buat beberapa tahun yang lalu, tepatnya 04 Mei 2016.

Silahkan tuliskan pendapat Anda di kolom komentar, mari kita diskusi sambil Ngopi..

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan