Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Menulis di HP Tanpa Repot Mengetik

1 min read

Aplikasi suara mengetik

Mengetik adalah hal yang biasa, hampir setiap hari kita mengetik sebuah pesan, baik itu melalui pesan WhatsApp atau di media sosial yang lainnya.

Namun ada kondisi dimana kita ingin mengirim pesan tapi kita tidak ingin memegang HP secara berlama-lama, misalnya kita sedang berkendara atau sedang sibuk dengan urusan yang di mana kita males untuk mengetik. Itu tadi contoh ya.. jangan Anda praktikkan mengetik sambil di dalam berkendaraan!

Apa kamu tahu tulisan ini dibuat tanpa menyentuh papan ketik? Saya biasa menulis sebuah artikel menggunakan smartphone lalu kemudian saya publish menggunakan aplikasi WordPress. Jadi rata-rata tulisan yang ada di sangu ilmu ini dibuat menggunakan gedget.

Namun yang saya katakan “tanpa menyentuh papan ketik” itu jangan dimakan telan-telan ya.. saya tetap memegang tapi tidak terlalu sering. Biasanya saya pakai untuk menulis tanda titik, petik, koma, atau simbol lainnya untuk memperbaiki tulisan-tulisan.

Baik tanpa berlama-lama, rahasia menulis tanpa mengetik caranya adalah dengan menggunakan suara.

Aplikasi

Aplikasi yang anda butuhkan ini aplikasi yang sudah dibuat oleh Android atau dibuat oleh Google. Nama aplikasinya adalah Gboard. Anda bisa download aplikasi ini melalui PlayStore. Linknya ada di bawah ini:

Sebenarnya aplikasi semisal ini cukup banyak di PlayStore. Namun saya lebih merekomendasikan aplikasi yang dibuat oleh Google. Bukan berarti aplikasi yang lain buruk ya. 

Jika Anda menggunakan OS pure Android maka sebetulnya aplikasi ini sudah langsung terinstal di HP kita. namun jika anda tidak menggunakan pure Android maka harus instal secara manual.

Setting Aplikasi

Setting Sebagai Pengaturan Default

Setelah berhasil diinstal pastikan anda menjadikan aplikasi ini sebagai default untuk mengetik. Bisa cari pengaturan di papan ketik ya, karena beberapa Android biasanya berbeda lokasi pengaturannya. 

Jika di Android saya (Asus Zenfone Max Pro M1) terletak di Setelan => Sistem => Bahasa & masukan => Keyboad virtual.

Menulis di HP Tanpa Repot Mengetik |

Aktifkan Opsi Dikte

Setelah setingan di atas kita lakukan selanjutnya adalah kita mengaktifkan opsi dikte. Namun ada sebagian HP ketika menginstal aplikasi Gboard sudah langsung aktif opsi Dikte. Jika Dikte Anda sudah aktif biasanya akan muncul simbol mic di atas papan ketik. Seperti gambar ini contohnya:

Menulis di HP Tanpa Repot Mengetik |

Jika belum muncul simbol seperti diatas maka harus di atur dulu setingannya. Pengaturan ini ada di settingan papan ketik. Cara masuk ke settingan nya gampang, ada beberapa opsi salah satunya adalah dengan kita menekan tombol koma secara lama, atau bisa juga menekan tombol bergerigi yang terletak di atas papan ketik.

Menulis di HP Tanpa Repot Mengetik |

Setelah itu Anda masuk di menu Dikte.

Menulis di HP Tanpa Repot Mengetik |

Aktifkan Dekte dengan cara menekan tombol disembelah tulisan Gunakan dikte sehingga warnanya berubah menjadi hidup.

Menulis di HP Tanpa Repot Mengetik |

Cara Menggunakan

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda tinggal menekan saja tombol mic di atas papan ketik tersebut kemudian tinggal berbicara. Pastikan suara ketika berbicara cukup jelas dan hindari suara bising, agar hasilnya menjadi bagus.

Baca Juga:  Download Video YouTube ke MP3 dengan Smartphone dan Laptop

Seperti biasa, jika ada yang perlu didiskusikan silahkan tulis saja di kolom komentar.

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Tinggalkan Balasan