Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Menghapus Akun yang Tersimpan di Chrome

1 min read

Menghapus Akun yang Tersimpan di Chrome |

Seperti yang kita ketahui, Google Chrome menyediakan fitur yang bisa menyimpan data akun seperti username, password maupun email. Yang dimana jika kita ingin mengakses sebuah website yang membutuhkan login kita tidak perlu bersusah payah memasukkan username maupun password lagi.

Sebagai contoh, bagi kita yang sering lupa dengan akun login email, maka kita tidak perlu bersusah payah lagi untuk membuka buku catatan untuk melihat password login email. Ohya sebelumnya saya pernah membagikan tutorial bagaimana cara melihat password yang tersimpan di google chrome, Anda bisa melihatnya disini.

Selain fitur penyimpanan ini bermanfaat bagi kita, ini juga bisa menjadi bumerang bagi kita. Bagaimana tidak, jika suatu saat komputer/laptop yang kita sudah terlanjur simpan akun tiba-tiba hilang atau dipinjam oleh rekan kita? Mereka otomatis akan dengan mudah login di semua akun kita.

Tips Agar Akun Tidak Dibajak

Berikut ini saya berikan tips bagaimana agar akun kita tidak mudah di bajak oleh orang lain ketika akun sudah tersimpan di dalam browser google chrome.

  1. Gunakan penyimpanan hanya pada saat email kita tersingkronisasi. Jika kita menggunakan singkronisasi email, maka akun yang tersimpan masuknya di email. Jika kita akan mengakses akun lagi, maka kita di wajibkan masuk menggunakan email yang sudah kita singkronkan sebelumnya.
  2. Jangan simpan akun di Anda di komputer umum. Saya sarankan Anda untuk menyimpan akun di komputer/laptop milik pribadi, jangan simpan di komputer/laptop umum yang sering digunakan oleh orang lain. Namun jika ternyata kita lupa dan sudah terlanjur menyimpannya, maka kita bisa menghapus akun tersebut. Akan saya berikan tutorialnya nanti di bagian akhir.
  3. Ganti password secara berkala. Bagaimana jika komputer/laptop kita hilang? Bagian ini mungkin yang cukup berbahaya, maka solusinya adalah mengganti password.
Baca Juga:  Membuat Tabel pada Halaman Blog

Tutorial Menghapus Akun yang tersimpan di browser google chrome

Jika suatu saat komputer/laptop yang kita punya ingin kita jual, atau misal kita tidak sengaja menyimpan akun di komputer/laptop yang di pakai umum. Maka solusinya adalah kita harus menghapus akun yang sudah terlanjur di simpan, tujuannya tentu saja agar orang lain tidak mudah masuk di akun milik kita. Berikut ini adalah tutorial lengkapnya:

1) Masuk di menu label titik tiga pada pojok kanan atas, kemudian masuk di History => History

Menghapus Akun yang Tersimpan di Chrome |

2) Klik Clear bworsing data.

Menghapus Akun yang Tersimpan di Chrome |

3) Pada menu tabs saya sarankan pilih Advenced. Pada bagian ini kita akan menghapus seluruh data pada google chrome, sehingga nanti akan terlihat seperti baru diinstal. Pada bagian Advanced ada 8 pilihan yang bisa kita hapus, termasuk di sana akun password. Jika pada bagian Basic hanya ada 3 bagian data yang kita hapus.

Menghapus Akun yang Tersimpan di Chrome |

4) Silahkan centang semua yang ada di bagian pilihan Advanced. Jangan lupa Anda ubah Time range menjadi All time. Ini akan menghapus seluruh data dari awal kita menggunakan hingga saat ini.

5) Jika sudah silahkan klik Clear data. Setelah itu seketika semua data yang tersimpan akan di hapus semua,

Kesimpulan

Cara ini efektif untuk menghapus seluruh data yang tersimpan, daripada kita menggunakan extension. Sebagai perhatian, setelah Anda melakukan clear data, maka seluruh data akan terhapus dan tidak dapat di kembalikan lagi.

Seperti biasa jika ada yang perlu di diskusikan jangan ragu untuk menulis di kolom komentar.

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Tinggalkan Balasan