Mudah Belanja Online di Luar Negeri Tanpa Kartu Kredit

In Program

Pada era modern ini, sistem jual beli online bisa sangat mudah tanpa harus bertatap muka secara langsung. Penjual dan pembeli sama-sama dipermudah tanpa ribet. Penjual memasarkan barangnya dimana saja dan kapan saja tanpa meninggalkan tokonya. Apalagi pembeli, bisa kapan saja di mana saja dapat memilih produk dengan mudah.

Tidak hanya itu pembeli juga dapat mudah memfilter produk-produk mana yang sesuai dan murah serta sesuai dengan budget yang dimiliki. Penjual saling berkompetisi dalam menjualkan barangnya sesuai dengan kualitas, layanan dan harga sehingga tidak meninggalkan pembeli yang kecewa, karena jika salah satu pembeli kecewa maka akan berdampak pada kelanjutan produk yang dijual.

Adapun toko online yang sering kita jumpai di antaranya adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, JD.id, OLX dan masih banyak lainnya. Yang baru saya sebutkan tadi adalah baru toko online yang ada di Indonesia, jika kita menelusuri lebih jauh lagi maka kita akan bisa menemukan ada ratusan atau bahkan mungkin ribuan toko online di seluruh dunia. Semakin banyaknya referensi yang dicari oleh pembeli akan mempermudah mereka untuk memfilter barang mana yang sekiranya baik untuk dibeli. Sehingga tidak jarang pembeli lebih memilih membeli barang sampai ke luar negeri.

Adapun berikut adalah beberapa alasan mengapa orang-orang lebih memilih membeli barang dari luar negeri:

  • Biasanya barang tersebut lebih murah daripada barang yang ada di Indonesia.
  • Biasanya barang tersebut belum tersedia di Indonesia dan hanya ada di luar negeri.
  • Biasanya barang tersebut memang tidak ada di Indonesia dan hanya diproduksi di luar negeri. Biasanya pembeli ini adalah orang-orang kreator atau yang lainnya yang akan membeli sebuah software.
  • Biasanya pembeli lebih menyukai barang-barang yang orisinal dan takut mendapatkan barang yang tidak ori.

Selain alasan diatas teman-teman bisa menambahkan sendiri ya.

 

Persyaratan

Nah sekarang kita akan membahas hal yang paling penting sesuai dengan deskripsi judul ini yakni bagaimana cara kita membeli produk-produk di luar negeri tanpa menggunakan kartu kredit.

Yang pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus menjadi seorang nasabah di sebuah bank. Yang mana bank tersebut menyediakan fasilitas internet banking atau mobile banking atau SMS banking. Namun itu saja belum cukup, bank tersebut harus menyediakan layanan VCN, karena setiap bank tidak selalu menyediakan VCN atau Virtual Card Number. Maka dari itu Anda harus detail dan teliti terlebih dahulu .

Nah kali ini saya akan memberi saran kepada teman-teman salah satu bank yang sudah menyediakan VCN (Virtual Card Number). Saya biasa menggunakan BNI sebagai transaksi yang sering saya lakukan ketika membeli beberapa produk luar negeri. BNI sudah memfasilitasi beberapa kebutuhan penting untuk bisa transaksi di luar negeri, diantaranya VCN ini.

 

Langkah-Langkah

Kali ini yang akan saya praktikkan adalah menggunakan sebuah aplikasi Mobile Banking milik BNI, Anda bisa mengunduh atau mendownloadnya melalui play store (download) atau app store. Berikut ini adalah cara-cara atau langkah-langkah yang biasa saya gunakan untuk membeli produk luar negeri:

 

1. Sebagai contohnya saya akan melakukan pembelian Tema di themeforest. Ketika kita akan melakukan pembayaran biasanya kita disuguhi sebuah form kurang lebih seperti dibawah ini. Tampilan ini tentu saja tidak selalu sama, tergantung website penyedia online.

Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah pastikan Anda telah memilih metode pembayaran dengan menggunakan Visa/MasterCard. Metode ini sebenarnya bisanya digunakan untuk melakukan pembayaran dengan menginputkan data dari kartu kredit. Namun dengan menggunakan VCN kita bisa melakukan metode pembayaran ini tanpa kartu kredit.

Lalu setelah itu Anda mengetahui berapa jumlah nominal barang yang akan anda beli. Anda juga harus melihat dengan jeli mata uang apa yang ditampilkan. Jika mata uang yang digunakan bukan rupiah maka anda harus mengkonversinya terlebih dahulu. Ketika akan bertransaksi atau membayar nanti anda harus melebihkan sedikit.

Sebagai contoh, pada gambar diatas saya akan membayar dengan total $31, saya cukup search saja di google dengan kata kunci “31 dolar ke rupiah”, maka akan muncul hasilnya Rp 446.632,50. Maka saya akan mempersiapkan dana sejumlah Rp500.000, karena nilai dolar yang tidak selalu ajeg.

 

2. Silahkan buka mobile banking dan login menggunakan akun Anda, lalu pilih Produk & Jasa Lainnya, lalu pilih BNI Debit Online (VCN). Contoh seperti gambar berikut:

 

3. Selanjutnya di bagian ini anda diminta untuk memasukkan nominal uang harga produk tadi yang sudah dikonversi. Di sini saya mengisi kan nominal 500000. Tampilan sebagai berikut:

Setelah klik lanjut maka anda akan diminta untuk memasukkan password yang biasa digunakan untuk transaksi.

 

4. Setelah klik lanjut anda akan mendapatkan informasi kurang lebih seperti ini:

Informasi ini yang akan kita gunakan untuk mengisi formulir yang ada pada pembelian online.

 

5. Untuk tata cara pengisiannya, silahkan mengikuti gambar berikut:

  • Form untuk isian nomor 1 diisi dengan Nomor VCN
  • Form untuk isian nomor 2 diisi masa berlaku VCN: MM (bulan) YY (tahun), dengan format 2 huruf.
  • Form untuk isian nomor 3 diisi Nomor CVC2

Jika sudah selesai bisa klik Submit/Order Now/Make Payment atau apapun yang intinya melakukan pembayaran. Setelah itu proses sudah dianggap selesai, biasanya kita akan mendapatkan informasi bahwa pembayaran sudah selesai melalui email.

 

Cek Pengeluaran

Jika kita ingin melihat nominal yang sudah dibayarkan, kita bisa melihat dengan masuk di menu transaksi terakhir. Caranya adalah dengan masuk ke: REKENINGKU => TABUNGAN & GIRO => Transaksi Terakhir. Jumlah dana yang dibayarkan tentu saja sesuai dengan harga barang, dana yang keluar tidak mesti sama dengan nominal yang kita buat di VCN, karena tadi kita sudah melebihkan.

Itu yang dapat saya bagikan cara Mudah Belanja Online Luar Negeri Tanpa Kartu Kredit. Jika ada yang perlu didiskusikan, silahkan menulis di kolom komentar.

Terima kasih.

Facebook Comments

You may also read!

Teknik Membuat Tulisan Melingkar di Inkscape

Membuat tulisan melingkar bagi kalangan grafis tentu saja ini perlu untuk diketahui. Biasanya teknik ini sering digunakan saat pembuatan

Read More...

Nonton Youtube Sambil Ngerjain Tugas – Fitur Picture in Picture

Fitur Picture in Picture merupakan fitur yang jarang sekali dimanfaatkan oleh pengguna Youtube. Hampir semua browser menfasilitasi ini, yang

Read More...

Google Drive: Mengganti File Publik Tanpa Mengubah Link

Saya biasa menyimpan file-file penting di dalam google drive. File tersebut terkadang juga saya bagikan kepada mahasiswa atau kolega

Read More...

Tinggalkan Balasan

Mobile Sliding Menu

Halo..
Ada yang bisa kami bantu?

Pastikan Anda telah membaca keseluruhan artikel sebelum menghubungi kami
Powered by