Pesan Email Masuk di Arsip, Begini Cara Menemukan dan Mengembalikan

Banyak yang belum mengetahui makna dari archive (indonesia:arsipkan) di sistem email milik goolge ini, yaitu Gmail. Mungkin banyak mengira jika kita memindahkan email ke archive, maka file kita akan pindah ke folder dengan nama archive. Namun kenyataanya ini tidak.

Gmail memberikan fasilitas ini sebetulnya dengan tujuan untuk merapikan kotak masuk, tanpa kita harus membuang/menghapus email yang tidak penting. Sehingga jika suatu saat kita akan melihat email itu lagi maka kita bisa membukanya. Jadi kalau boleh saya bilang, email yang di arsipkan artinya adalah email yang tidak penting, bukan email yang penting.

Jika penjelasan diatas masih belum paham, akan saya buatkan sebuah permisalan. Kotak masuk pada email itu semisal sebuah ruang tamu, sedangkan archive adalah semisal dengan sebuah ruang gudang. Jika suatu saat kita ingin merapikan ruang tamu dan menemukan sebuah barang-barang yang tidak penting, namun tidak ingin membuangnya, maka kita bisa simpan barang tersebut di ruang gudang.

Mudah-mudahan permisalan di atas bisa dipahami.

Cara Memindahkan Email ke Arsip

Adapun cara bagaimana memasukkan email ke dalam arsip caranya ini cukup mudah.

Memindahkan Email ke Arsip Melalui Mode Desktop/Komputer/Laptop

Jika kita menggunakan laptop atau versi desktop, kita bisa melakukan dengan cara klik kanan pada email yang masuk lalu klik Arsipkan.

Pesan Email Masuk di Arsip, Begini Cara Menemukan dan Mengembalikan |

Atau Anda juga bisa lakukan dengan mencentang email tersebut lalu klik icon Arsipkan pada menu di atas.

Pesan Email Masuk di Arsip, Begini Cara Menemukan dan Mengembalikan |

Memindahkan Email ke Arsip Melalui Mode Aplikasi Gmail/Handphone

Sedangkan untuk di smartphone atau di aplikasi Gmail, cara ini cukup mudah. Yaitu dengan menggeser pesan tersebut ke kiri atau ke kanan, maka email langsung otomatis pindah ke arsip.

menggeser pesan email

Atau Anda juga bisa melakukannya dengan cara tekan dan menahan pesan (bisa dilakukan juga dengan mencentang pesan), lalu klik icon Arsip di menu atas.

Pesan Email Masuk di Arsip, Begini Cara Menemukan dan Mengembalikan |

Cara Menemukan Email yang Masuk di Arsip

Cara menemukan email yang sudah terlanjur masuk di arsip ini cukup mudah. Saya berikan dua tutorial, yaitu menggunakan versi desktop/langsung di website gmail, dan menggunakan aplikasi Gmail yang terpasang di Android atau di IOS.

Cara Menemukan Email yang Masuk di Arsip Melalui Website Gmail

Untuk menemukan email yang masuk di arsip melalui website gmail ini cukup mudah. Silahkan pada menu di sebelah kiri cari folder Semua Email. Jika menu ini tidak di temukan bisa klik Selengkapnya.

Pesan Email Masuk di Arsip, Begini Cara Menemukan dan Mengembalikan |

Jika sudah baru klik Semua Email.

Maka di sana Anda akan menemukan email yang tadi sudah Anda arsipkan. Berikut ini contoh pesan email yang sudah saya lakukan.

Pesan Email Masuk di Arsip, Begini Cara Menemukan dan Mengembalikan |

Cara Menemukan Email yang Masuk di Arsip Melalui Aplikasi Gmail di Smartphone

Cara menemukan email yang masuk di arsip melalui aplikasi gmail ini sebetulnya sama dengan cara di atas. Yaitu dengan menekan tombol menu di sebelah kiri, lalu cari Semua Email.

Maka selanjutnya Anda akan menemukan pesan email yang sudah Anda arsipkan. Berikut ini contohnya:

Pesan Email Masuk di Arsip, Begini Cara Menemukan dan Mengembalikan |

Mengembalikan Pesan Email yang Masuk di Arsip ke Kotak Masuk

Selanjutnya adalah mengembalikan pesan email yang sudah terlanjur masuk dari arsip untuk kita kembalikan ke kotak masuk. Cara ini cukup mudah, jika Anda menggunakan versi website, Anda tinggal klik kanan saja pada pesan tersebut lalu klik Pindahkan ke Kotak Masuk.

Pesan Email Masuk di Arsip, Begini Cara Menemukan dan Mengembalikan |

Jika Anda menggunakan versi mobile, Anda bisa melakukannya dengan tekan dan tahan pesan, lalu klik menu titik tiga di pojok kanan atas. Selanjutnya tekan Pindahkan ke Kotak Masuk.

Penutup

Itulah tadi bagaimana cara memasukkan pesan ke arsip, menemukannya kembali, dan bagaimana acara mengembalikan pesan yang masuk di arsip ke kotak masuk.

Sebuah tambahan, jika suatu saat pesan pesan yang sudah masuk di arsip kemudian kita tidak ingin membukanya lagi. Lalu kemudian ternyata pesan email tersebut ada yang menanggapi, maka pesan yang tadinya masuk di arsip otomatis akan kembali lagi ke kotak masuk.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan