Mengapa Tidak Bisa Melihat ID Scopus ? Ini Solusinya dan Alasan

By on 6 Maret 2018
logo scopus

Scopus merupakan salah satu lembaga indeks terbaik yang di akui oleh Ristekdikti. Selain itu indeks yang lain yang diakui dan bereputasi adalah Thomson Reuters, dan Microsoft Academc Research. Di kalangan Asia dan Amerika, scopus menjadi pilihan indeks pertama yang baik menurut mereka. Sedangkan di bagian Eropa yang paling baik bagi mereka adalah Thomson Reuters.

Kali ini saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai lembaga pengindeks mereka, Saya hanya akan fokus ke Scopus. Scopus dengan alamat di http://scopus.com, merupakan indeksasi terbesar di dunia. Jika artikel Anda di terbitkan di jurnal yang mempunyai indeks Scopus, maka ketika artikel Anda telah di indeks (biasanya 1-2 bulan setelah terbit) seharusnya sudah mempunyai No ID. Untuk melihat jurnal mana yang terindeks Scopus, Anda dapat melihatnya di SJR (Scimago Journal & Country Rank) yang beralamatkan di http://scimagojr.com.

ID Scopus merupakan nomor unik profil penelitian, yang di miliki setelah jurnal Anda telah terindeks di Scopus. No ID pada scopus mempunyai peran penting yang wajib di punyai oleh seorang peneliti.  Namun masalahnya banyak yang masih bingung dan ada juga yang mendapati masalah ketika tidak bisa melihat no ID di Scopus.

Jika bingun cara melihat ID Scopus, Anda dapat melihat di [BARU] Cara Melihat ID Scopus

Jika Anda tidak menemukan ID di scopus, kemungkinan alasan ada di bawah ini

1. Atikel Anda baru satu

Secara default, ID scopus hanya dapat di lihat jika Author telah mempunyai minimal 2 artikel yang terindeks Scopus. Tidak jelas mengapa demikian, saya memprediksi kemungkinan alasannya alasannya (1) memotovasi kepada author agar terus mempublikasi artikel yang mempunyai indeks scopus, dan atau (2) jika artikel hanya satu, maka memungkinkan kesalahan pada metadata artikel, sehingga jika artikel lebih dari satu maka dapat menekankan ke shohihan pemilik artikel. Meskipun demikian kita tetap bisa melihat ID kita, langkah-langkahnya ada di bawah.

2. Artikel tersebut menyatu pada Author lain

Mengapa demikian? Karena sistem web Scopus di buat otomatis marge (menyatu) setiap ada nama yang sama. Solusinya adalah kita meminta (Request to merge authors) kepada tim admin scopus. Langkah-langkahnya saya jelaskan di postingan selanjutnya.

3. Artikel Anda belum di indeks oleh Scopus

Artikel yang terbit di jurnal yang terindeks scopus tidak langsung jurnalnya terindeks (terlihat) di scopus. Mesin web scopus butuh waktu untuk memuat ulang database. Biasanya artikel (nama, afiliasi, jurul) baru dapat dilihat di scopus setelah jangka waktu 1-2 bulan setelah terbit. Jadi solusinya menunggu artikel tersebut diindeks.

4. Jurnal yang tempat Anda terbitkan belum terindeks Scopus

Jika tiga alasan di atas anda juga belum menemukan ID di scopus, maka kemungkinan besar jurnal yang tempat anda terbitkan belum terindeks scopus. Meskipun Anda telah mencari di SJR dan ada mana jurnal tersebut, Anda tetap harus hati-hati. Pastikan pada detail diskripsinya ada keterangan bahwa Coverage masih ongoing. Berikut contohnya:

sjr ongoing

Melihat ID Scopus yang hanya mempunyai satu Artikel

No ID scopus tidak dapat langsung dilihat jika Anda hanya mampunyai satu artikel yang terindeks scopus. Alasannya sudah saya jelaskan di atas, naum demikian saya mempunyai trik untuk dapat melihatnya:

Sebenarnya saya berniat memaparkan dalam bentuk tulisan, namun kemudian saya stop karena saat ini Admin sedang ada banyak kesibukan. Tapi tidak perlu kuwatir, sudah saya buatkan ringkasan dalam bentuk video. Mudah-mudahan bermanfaat. Silahakn tonton sampai selesai:

 

Untuk melihat tampilan profil ID, berikut linknya:

https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=56766236300

Ganti 56766236300 dengan No ID yang Anda telah dapatkan.

Facebook Comments

Thoha Firdaus (admin)

About Thoha Firdaus (admin)

Terimakasih atas kunjungan Anda.. Kami hanyalah manusia biasa, tidak pernah luput dari kesalahan. Artikel ini sengaja kami muat untuk berbagi ilmu kepada semua pengunjung. Sebagian artikel yang kami muat, kami ambil dari berbagai sumber terpecaya yang telah kami cantumkan. Jika ada beberapa kesalahan dalam pembuatan artikel ini kami mohon maaf. Berilah komentar yang baik agar kami dapat memperbaikinya. Jika menurut Anda artikel-artikel yang kami muat ini bermanfaat bagi Anda, mohon sekiranya untuk membagikannya dengan catatan tidak meninggalkan sumber aslinya. Hormat kami: sanguilmu.com

One Comment

  1. Lusi

    30 Juni 2018 at 7:40 pm

    artikel saya masih belum muncul di scopus.com. terhitung sudah 6 bulan dari tanggal 17 desember 2017. mohon bantuan pak untuk tau id scopus saya,,,,maturnuwun
    Author
    Lusi Suwandari, Jendral Soedirman University
    Yuyus Suryana, Padjadjaran University Bandung

    Yuyun Wirasasmita, Padjadjaran University Bandung

    Sutisna, Padjadjaran University Bandung
    Nama journal : Academy of Strategic Management Journal (Print ISSN: 1544-1458; Online ISSN: 1939-6104)
    Q3, 2017 Vol: 16 Issue: 3

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami di Facebook

DART Creations
%d blogger menyukai ini: