Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Aplikasi Pembuat Gambar GIF untuk Merekam Layar Desktop

2 min read

Aplikasi Pembuat Gambar GIF untuk Rekam Layar Desktop

Bagi saya yang suka banget menulis blog tutorial terkadang dihadapkan sebuah tutorial yang sangat rumit. Sehingga butuh berpikir yang ekstra agar pengunjung yang membutuhkan tutorial saya bisa dapat dengan mudah untuk mengerti.

Tidak jarang terkadang karena rumitnya tutorial yang harus di berikan, saya harus menampilkan banyak gambar di dalam website. Itupun terkadang masih banyak dari pengunjung yang mungkin masih kurang paham.

Belum lagi jika banyak gambar dapat membuat performa website jadi lama untuk dimuat. Dan juga bisa menambah kuota hosting website jadi lebih besar.

Ide yang menurut saya brilian adalah dengan menampilkan layar bergerak. Bisa berupa video maupun gambar GIF. Tutorial video mungkin ide yang keren ya, namun tidak jarang orang yang males nonton karena mungkin bisa membutuhkan kuota internet yang sangat banyak. Padahal kan tujuan orang nyari tutorial di blog salah satunya biar lebih hemat internet (mungkin..)

Menampilkan gambar bergerak berupa file GIF menurut saya ide yang sangat bagus. Saya mempunyai rekomendasi aplikasi yang saya yakin Anda pasti menyukai-nya. Aplikasi ini sangat ringan sehingga tidak terlalu membebani komputer/laptop Anda.

Aplikasi Perekam Layar menjadi GIF

Nama aplikasinya adalah LICEcap. LICEcap adalah aplikasi intuitif namun fleksibel (bisa digunakan untuk Windows bahkan untuk OS), yang dirancang agar ringan dan berfungsi dengan kinerja tinggi. Aplikasi ini dapat menyimpan tangkapan layar dengan format GIF. Bagi yang tidak tau, GIF itu kepanjangan dari Graphics Interchange Format. Selain .GIF, LICEcap juga mendukung format file .LCF.

Baca Juga:  Daftar 10+ Aplikasi Pembelajaran Daring yang Disarankan Kemendikbud

Fitur

Setidaknya ada beberapa fitur andalan dan yang saya mengerti di aplikasi ini, seperti:

  • Dapat merekam langsung dan menyimpannya ke .GIF atau .LCF.
  • Bisa mengatur skala layar yang akan di rekam.
  • Dapat memindahkan bingkai tangkapan layar saat merekam.
  • Terdapat fitur jeda atau pause, lalu kemudian kita bisa memulai melanjutkan lagi.
  • Bisa mengatur Framerate perekaman

Sebetulnya masih banyak lagi fitur yang belum saya sebutkan. Anda bisa mengulik sendiri ya..

Persyaratan Minimum PC

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, untuk menggunakan aplikasi ini tidak membutuhkan persyaratan yang berat. Setidaknya ini berjalan pada

  • Windows: Windows XP / Vista / 7/8 / 8.1 / 10 (mungkin berfungsi dengan fungsionalitas yang lebih rendah pada versi yang lebih lama)
  • OSX: macOS 10.6-10.15 (versi lama 1.28 dan sebelumnya tersedia untuk 10.4 dan PPC)
  • Linux: namun bisa bekerja dengan dibawah WINE
  • Jumlah RAM yang sehat (1GB +, terutama saat menyimpan ke LCF)

Tutorial Penggunaan

Sebetulnya saya tidak perlu memberikan tutorial rincinya, karena aplikasi ini mudah di pahami terutama bagi pemula.

Saat membuka Aplikasi ini, Anda akan melihat tampilan yang sederhana. Di sana Anda bisa memulai dengan mengatur FPS dan sekala layar. Untuk sekala layar Anda bisa dengan mudah untuk menarik bingkainya agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Biasanya saya tidak pernah mengatur FPS, selama ini saya masih menggunakan FPS bawaan pertama yaitu dengan FPS 8. Tampilan gambarnya kurang lebih seperti ini:

Aplikasi Pembuat Gambar GIF untuk Merekam Layar Desktop |

Untuk memulai merekam Anda harus mempersiapkan penyimpanannya terlebih dahulu. Klik Record, nanti Anda akan dibawa untuk meletakkan dimana file tersebut tersimpan. Jika sudah nanti aplikasi ini langsung berjalan untuk merekam.

Saat memulai perekaman perhatikan informasi di pojok kiri bawah, akan ada waktu mundur selama kurang lebih 3 detik, baru aplikasi mulai merekam. Jadi Anda ada waktu untuk memersiapkan.

Contoh Gambar animasi .GIF

Untuk melihat contoh gambar tangkapan layar sebetulnya Anda bisa melihat tutorial-tutorial saya yang ada di dalam blog ini. Karena saya biasanya menggunakan LICEcap untuk memberikan tutorial.

Baca Juga:  Jasa Pembuatan Website

Namun agar lebih ringkas, berikut ini salah satu contoh gambar GIF yang saya buat:

Aplikasi Pembuat Gambar GIF untuk Merekam Layar Desktop |

Download Aplikasi LICEcap

Aplikasi ini gratis dan Anda bisa mendownloadnya langsung melalui situs resminya di https://www.cockos.com/licecap/

Mengapa saya tidak memberikan langsung aplikasinya di website ini? Tujuannya agar Anda tetap mendapatkan aplikasi yang paling terbaru. Bisa jadi tulisan ini lama, sedangkan Anda baru menemukan blog ini. Kalau saya bagikan sekarang khawatir versi aplikasinya sudah usang.

Penutup

Jika artikel ini membantu Anda, jangan lupa beritahu saya melalui kolom komentar ya. Mari terus berkarya…

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Tinggalkan Balasan