Cara Kompres Audio Tanpa Mengurangi Kualitas

Dalam beberapa waktu terkadang kita dihadapkan sebuah keadaan, dimana kita harus memungkinkan untuk mengecilkan ukuran kapasitas audio. Baik berupa file MP3, WAV, AIFF atau yang lainnya.

Adapun beberapa keperluan yang mungkin menjadikan alasan buat kita melakukan kompres atau resize audio seperti memang file audio benar-benar terlalu besar. Atau alasan lain karena ingin mengurangi kapasitas storage di device kita seperti di Android/HP maupun di laptop. Kalau saya pribadi sering melakukan ini karena untuk kepentingan upload file.

Download Aplikasi

Sampai saat ini saya belum bisa memerikan rekomendasi aplikasi yang lebih baik kecuali aplikasi Audacity. Audacity sendiri merupakan aplikasi yang benar-benar gratis dan tersedia di hampir semua platfom, baik di Windows, OS, maupun Linux.

Karena aplikasi ini benar-benar gratis, Anda bisa mendownloadnya langsung melalui website resminya di sini:

Download Audacity

Untuk cara instalanya saya anggap Anda sudah bisa melakukan sendiri. Jadi langsung saja kita berikan tutorialnya.

Tutorial

Disini saya sudah mempersiapkan satu buah file MP3 dengan nama “AUDIO SEBELUM KOMPRES” dengan ukuran file 12,399 MB.

Cara Kompres Audio Tanpa Mengurangi Kualitas |

1.) Masukkan file audio tersebut ke dalam aplikasi Audacity dengan cara klik File => Open, lalu cari file yang akan di kompres tadi untuk di buka. Anda juga bisa melakukan ini dengan cara menseret file tersebut dan jatuhkan di dalam aplikasi Audacity.

2.) Selanjutnya klik File => Export, dan silahkan pilih akan di eksport dalam bentuk file apa, dalam hal ini saya akan export dalam bentuk file MP3.

Cara Kompres Audio Tanpa Mengurangi Kualitas |

3.) Perhatikan pada bagian Format Option. Pada bagian ini adalah tempat kita untuk memodifikasi kualitas dan ukuran file kita.

Ada 4 pilihan Bit Rate Mode untuk memodifikasi, saya tidak akan menjelaskan satu persatu istilah tersebut. Pilihan Bit Rate Mode tersebut yaitu Preset, Variable, Average, dan Constant. Yang perlu diperhatikan adalah pada bagian Quality, setiap Anda memilih antara 4 pilihan tersebut Quality dapat kita ubah sesuai dengan yang kita inginkan.

Cara Kompres Audio Tanpa Mengurangi Kualitas |

Semakin besar nilai Quality kbps maka semakin besar file dan semakin baik kualitas audionya. Sebaliknya, semakin kecil Quality kbps maka semakin kecil ukuran file, namun kualitas file semakin kurang baik.

Berdasarkan pengalaman, ketika file saya ubah ke dalam Quality kbps paling kecil, kualitas suara benar-benar menurun namun suara masih terdengar dengan jelas. Sebagai contoh di sini saya pilih Bit Rate Mode pada Average dengan Quality 8 kpps.

Cara Kompres Audio Tanpa Mengurangi Kualitas |

Setelah saya Save/Export maka alhasil di dapatkan hasil kompres menjadi 700 KB. Penurunannya cukup jauh, yaitu dari 12,399 MB menjadi 700 KB.

Cara Kompres Audio Tanpa Mengurangi Kualitas |

Namun bagaimana kualitas suaranya?

Hasilnya memang tidak bisa saya ilustrasikan, namun kualitas memang menurun, sedang untuk suara masih bisa di dengar dengan jelas. (saya ujicoba file MP3 nya dengan orang yang sedang berbicara).

Itu saja barang kali mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada yang perlu di diskusikan jangan ragu untuk menulis di kolom komentar.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan