Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Cara Baru Screenshot di Windows 10

1 min read

cara screenshot di windows 10

Beberapa kali Windows 10 mengirimkan pemberitahuan updatenya. Sampai bingung Windows 10 saya ini versi berapa ya.. Firut Screenshot atau mungkin bisa disebut tangkapan layar, atau jepret layar atau foto layar atau apalah namanya, ini sebetulnya sudah ada dari dulu. Namun fitur tersebut kurang maksimal setingannya, kurang fleksibel. Yah fitur tersebut adalah ada di keyboard bagian atas, biasanya namanya prt sc. Dengan kita menekan tombol tersebut otomatis full layar sudah langsung tertangkap dan tersimpan dalam clipboard, artinya untuk melihatnya kita bisa tempel/paste saja di dalam aplikasi lain seperti Ms Word, Paint atau yang lainnya.

Akan tetapi sekali lagi firtur tersebut kurang fleksibel. Bagaimana jika kita hanya melakukan tangkapan layar sesuai dengan keinginan, tidak full satu layar. Bagaimana jika kita hanya melakukan tangkapan layar cuma bagian aplikasi window saja. Akan sangat repot jika kita harus malakukan edit-edit lagi untuk mengcrop.

Dalam update Windows terbaru sudah ada fitur baru untuk melakukan tangkapan layar. Kita juga bisa fleksibel untuk menangkap layar bagian mana. Bagaimanakah caranya?

Caranya adalah dengan menekan tombol di keyboard dengan kombilnasi:

“Windows/Start+shift+S”

Bagi yang tidak tau tombol Windows/start adalah yang biasanya di sebelah kirinya alt berbentuk gambar Windows (bentuk kotak berjumlah 4). Setelah itu nanti akan muncul layar yang agak gelap ya, dan di bagian atas ada beberapa pilihan menu/tombol. Tombol tersebut seperti gambar di bawah ini:

Cara Baru Screenshot di Windows 10 |
Perhatikan saya sudah memberikan tanda nomor untuk setiap tombol di atas. Untuk fungsinya silahkan perhatikan di bawah ini:
  1. Untuk menangkap layar dengan bentuk kotak. Kita bisa mengatur seberapa lebar kotak yang kita inginkan. Caranya tinggal Anda klik tahan pada layar dan kemudian seret mouse Anda.
  2. Untuk menangkap layar dengan bentuk sesuai keinginan. Anda bisa fleksibel nggambar layar yang akan di tangkap. Caranya sama dengan nomor satu, saitu dengan cara klik tahan pada layar dan seret saja mouse Anda.
  3. Untuk menangkap layar Window yang sedang di buka. Semisal Anda hanya ingin menangkap layar pada aplikasi Ms Word yang sudah di buka secara keseluruhan. Ketika Anda memilih tombol tersebut, kemudian Anda tinggal klik saja aplikasi yang mau di tangkap layarnya. Lokasi kliknya sembarang asal mengenai layarnya.
  4. Untuk menangkap keseluruhan layar monitor. Jadi apa saja yang sedang tampil di monitor Anda maka akan tertangkap dengan menekan tombol ini.
Baca Juga:  Software Modellus

Ketika Anda memilih tombol 1 dan 2, kemudian menseret mouse akan ada tanda terang dan gelap untuk membedakan layar mana yang di screenshot. Layar putih artinya layar yang di tangkap.  Berikut ini adalah contohnya:

Cara Baru Screenshot di Windows 10 |

Setelah Anda melakukan tangkapan layar, biasanya akan ada notofikasi di pojok kanan bawah yang menandakan bahwa tangkapal layar telah di simpan dalam clipboard. Selanjutnya Anda tinggal menempel/paste gambar tersebut di aplikasi lain, semisal di Ms. Word. Untuk cara paste saya yakin teman-teman sudah pasti tau ya, bisa menekan ctrl+v.

Tambahan

Ohya satu lagi, sebelum Anda paste Anda jug bisa mengeditnya lagi. Caranya ketika ada pemberitahuan/notifikasi muncul di sebelah kanan bawah, Anda klik saja notifikasi tersebut. Nanti akan di bawa ke tambilan editor layar. Kurang lebih seperti ini:

Cara Baru Screenshot di Windows 10 |

Anda bisa fleksibel mau di edit sebelum apa sebelum di tempel/paste. Saya tidak akan menjelaskan setiap menu/tombol di sana. Silahkan Anda melakukan ujicoba sendiri ya.. Jika sudah silahkan klik tombol save di atas sebelah kanan. Ketika Anda menekan tombol save artiknya juga sudah tersimpan di dalam clipboard dan tinggal paste saja.

Oke mungkin itu saja tutorial pada artikel ini. Jika ada yang mau di diskusikan silahkan tulis dikolom komentar ya.

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Tinggalkan Balasan