Cara Menghilangkan Noise Menggunakan Audacity

Di dalam artikel kali ini saya membagikan tutorial bagaimana cara mudah menghilangkan noise atau suara bising di sekeliling kita saat kita sedang merekam audio. Di dalam tutorial sebelumnya saya pernah membuat artikel serupa tentang Cara Kompres Audio Tanpa Mengurangi Kualitas.

Suara bising saat sedang melakukan rekaman merupakan hal yang sangat mengganggu dalam proses recording kita. Jika kita tidak menghilangkan maka dapat mengurangi kualitas dari audio kita.

Nah di sini saya membuat solusi bagaimana cara menghilangkan noise tersebut. Jadi nantinya suara bising seperti suara kipas, suara jalanan, maupun suara abang tukang es krim dan tukang bakso tidak akan terdengar di hasil rekaman kita.

Audacity, yah tau sendiri lah ya.. Aplikasi ini memang benar-benar powerful dalam hal yang berkaitan dengan audio rekam. Selain gratis, aplikasi ini juga mempunyai fitur yang sangat lengkap, dan tidak kalah dengan aplikasi berbayar lainnya seperti Adobe Audition, dan lain-lain.

Tutorial Menghilangkan Noise Suara di Audacity

Untuk menghilangkan noise di Audacity silahkan ikuti tutorial di bawah ini dengan seksama, pastikan Anda tidak melewati langkahnya karena jika tidak nanti hasilnya tidak seperti yang kita inginkan.

  1. Seleksi suara kita saat kita sedang tidak berbicara. Cukup seleksi sedikit saja, tidak perlu semuanya. Ini nantinya yang kita jadikan sebagai Noise Profil
  2. Klik Effect » Noise Reduction…
Cara Menghilangkan Noise Menggunakan Audacity
  1. Akan terbuka jendela Noise Reduction, selanjutnya klik Get Noise Profile
Cara Menghilangkan Noise Menggunakan Audacity
  1. Selanjutnya seleksi semua gelombang di audio track kita, Anda juga bisa menekang CTRL+A, atau bisa juga dengan cara klik pada bilah tracking audio sebelah kiri.
  2. Kembali lagi klik Effect » Noise Reduction…
  3. Klik OK

Silahkan dengarkan kembali hasil rekaman Anda, seharusnya suara noise sekarang menjadi lebih kurang.

Penutup

Itulah tadi langkah-langkah bagaimana cara menghilangkan Noise suara menggunakan Audacity dengan mudah. Intinya yang kita lakukan pertama adalah mencari sampel suara noise sebagai profil untuk di hapus, selanjutnya kita menghapusnya secara keseluruhan.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar