Cara Landscape 1 Halaman di Word

Kadangkala ketika kita sedang membuat sebuah laporan seperti skripsi, tesis, disertasi, makalah, laporan keuangan maupun laporan dokumen kantor lainnya kita mendapati sebuah isi di word yang membutuhkan halaman yang lebar. Jika kita tidak melakukannya maka tulisan yang bisa berupa tabel maupun gambar tersebut hanya terlihat sebagian.

Sebetulnya ini bisa kita atasi dengan cara mengecilkan atau me-resize font maupun gambar tersebut. Namun dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan kita untuk me-resize, seperti mungkin tulisan atau gambar menjadi terlalu kecil dan tidak terlihat, maka ini solusinya kita bisa mengatur posisi dokumen-nya. Biasanya kita bisa melakukannya dengan cara membuat rotasi pada file dokumen tersebut.

Nah dengan kita memasukkan isi tabel atau gambar yang berbentuk panjang ke dalam dokumen landscape maka kita bisa melihat isi dalam dokumen tersebut secara keseluruhan dan lebih jelas.

Pada microsoft word ada sebuah fitur Orientation, yang dimana fitur ini dapat mengubah dokumen portrait menjadi landscape. Bagi teman-teman yang tidak tau apa itu portrait dan landscape, portrait adalah dokumen dengan bentuk berdiri atau vertikal, sedangkan landscape adalah bentuk dokumen horizontal.

Fitur tersebut dapat Anda temui dengan mengakses menu Layout => Orientation. Tapi tunggu dulu, jika kita mengubah orientation, maka ketika kita ubah dokumen menjadi landscape, maka seluruh isi halaman dokumen yang terdapat di dalam file tersebut juga ikut berubah menjadi landscape. Padahal yang kita harapkan adalah kita hanya mengubah satu halaman saja yang berbentuk landscape.

Bagaimana caranya?

Cara agar kita hanya mengubah satu halaman saja yang berbentuk landscape adalah dengan membuat section yang berbeda pada halaman tersebut. Ada section portrait dan ada section landscape. Ah sebetulnya ini tidak peru Anda pahami juga tidak apa-apa. Anda akan tau ini nanti di bagian kesimpulan.

Tutorial Mengubah satu Halaman Landscape

Diasumsikan saya mempunyai sebuah dokumen yang kurang lebih seperti gambar di bawah ini ya teman-teman. Jadi ada 3 halaman, laman 1 dan 3 akan saya biarkan berbentuk portrait/berdiri, sedangkan halaman 2 yang berisi tabel akan saya ubah menjadi dokumen landscape/tidur/horizontal.

Cara Landscape 1 Halaman di Word |

Berikut ini caranya:

1. Blok/pilih/select dokumen yang akan kita buat landscape. Pada contoh saya ini saya akan meng-select seluruh isi pada halaman 2.

2. Klik menu Layout => Margin => Custom Margin

Cara Landscape 1 Halaman di Word |

3. Pada bagian Orientation klik gambar Landscape, lalu pada bagian Apply to pilih Selected text. Jika sudah klik OK

Cara Landscape 1 Halaman di Word |

Jika ketiga langkah diatas sudah Anda lakukan berikut ini adalah hasil dokumen saya yang sudah saya atur orientationnya

Cara Landscape 1 Halaman di Word |

Kesimpulan

Cara yang kita lakukan tadi adalah sebetulnya mengubah section halaman. Halaman 1 itu section 1, halaman 2 itu section 2, dan halaman 3 adalah section 3. Jika saya menambah halaman baru lagi di bawahnya maka halaman selanjutnya adalah masih di section tiga begitu seterusnya. Jika kita mengubah laman orientation lagi, maka nanti ada ada section 4 dan begitu seterusnya. Untuk melihat dengan detail halaman sectionnya, Anda bisa double click saja bagian footer atau header, nanti akan ada informasi halaman section. Berikut ini contoh di dokumen Microsoft Word saya.

Cara Landscape 1 Halaman di Word |

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan