Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Cara Menyimpan Video Instagram Tanpa Instal Aplikasi Tambahan

1 min read

Cara Menyimpan Video Instagram Tanpa Instal Aplikasi Tambahan

Mungkin ada diantara kita yang bertanya-tanya mengapa foto dan video yang di posting orang lain melalui Instagram tidak bisa di download. Atau mengapa Instagram tidak memberikan fasilitas download pada foto dan video seseorang?

Jawabannya bukan karena Instagram tidak mampu membuat itu, tapi jawaban yang benar sebetulnya cukup sederhana, yaitu perlindungan hak cipta. Instagram meyakini dan menghargai sebuah karya baik berupa foto maupun video yang mana pemilik akun mempunyai hak cipta diatasnya. Jadi orang lain tidak sembarang untuk mengambil foto tersebut untuk tujuan komersial maupun yang lainnya.

Namun apakah dengan begitu foto dan video yang di Instagram benar-benar tidak bisa di download?
Tentu saja bisa, semua data yang terpublik melalui dunia maya pasti bisa di ambil. Saya katakan dalam kasus ini adalah diambil dengan paksa.
Ah tapi saya tidak setuju dengan kalimat di atas, jadi saya revisi dengan diambil dengan izin.

Untuk mengambil foto mungkin bisa akali dengan cara screenshot ya. Saya yakin smartphone teman-teman bisa mendukung itu. Namun bagaimana jika berupa video? Tentu video tidak mungkin di screenshot ya, mungkin bisa di screen record, tapi pasti hasil audionya kurang bagus.

Sebetulnya di luar sana banyak sekali aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda dapatkan dengan cara menginstal di dalam smartphone kita. Namun bagi yang gak terlalu suka dengan banyak aplikasi di handphone mungkin cara yang akan saya berikan ini lebih bisa merekomendasikan Anda.

Daftar isi:

Tutorial

Berikut ini ada tutorial bagaimana cara download video di Instagram tanpa menggunakan instal aplikasi tambahan di HP kita. Sebetulnya cara ini tidak hanya bisa menyimpan video ya, tapi juga bisa dilakukan untuk mendownload foto. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Silahkan Anda pilih foto atau video di Instagram yang akan Anda download.
2. Salin URL foto/video tersebut. Caranya dengan tekan tombol titik tiga di atas foto/video tersebut, lalu trkan Salin tautan

Cara Menyimpan Video Instagram Tanpa Instal Aplikasi Tambahan |

3. Kunjungi website ini https://downloadgram.com/
4. Masukkan URL foto/video yang sudah kita salin tadi.
5. Tekan tombol Download, nanti akan muncul tombol lagi di bawahnya seperti Download Photo atau Download Video.

Cara Menyimpan Video Instagram Tanpa Instal Aplikasi Tambahan |

Biasanya ketika Anda klik Download pertama, akan muncul iklan yang mengarah ke PlayStore. Jika demikian ulangi klik Download Foto/Video lagi.

Baca Juga:  Tips Mengetahui Operator Terbaik Apa di Daerah mu

Kesimpulan

Sekali lagi cara di atas tidal hanya bisa digunakan untuk menyimpan video, tapi juga bisa digunakan untuk menyimpan foto.

Saya berikan trik bagi Anda yang tidak ingin bolak balik mengetik alamat website tersebut, kita bisa menyimpan aplikasi link di HP kita. Jadi jika suatu saat kita ingin mendownload foto dan video lagi kita gak perlu repot-repot membuka halaman web lagi. Berikut ini contohnya:

Cara yang akan saya lakukan ini bisa menggunakan browser Chrome ya. Silahkan klik saja tombol di pojok kanan atas pada browser Chrome Anda, lalu klik Tambahkan ke Layar Utama.

Selanjutnya silahkan cek di halaman depan smartphone Anda, atau cek di daftar aplikasi, seharusnya sudah muncul.

Oke itu saja barangkali, jika ada yang mau didiskusikan silahkan tulis saja di kolom komentar.

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Tinggalkan Balasan