2 Cara Melihat Kembali Bukti Transfer di BSI Mobile Banking

Di artikel kali ini saya membuat tutorial mudah bagaimana cara melihat kembali resi atau bukti transfer transaksi kita di Bank Syariah Indonesia (BSI) melalui Mobile Banking. Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang Cara Pembayaran Virtual Account BSI di Tokopedia.

Setiap kali kita melakukan transaksi terkadang meninggalkan sebuah resi atau bukti transfer di Mobile Banking via BSI. Biasanya bukti transfer ini terlihat setelah kita selesai melakukan transaksi, lalu setelah kita klik close atau klik OK bukti tersebut tidak bisa dengan cepat kita lihat lagi jika tidak segera kita simpan atau screenshot.

#1 Melihat Bukti Transfer melalui Daftar Mutasi

Salah satu cara untuk melihat bukti transaksi adalah melalui halaman Daftar Mutasi. Untuk melihatnya kurang lebih berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Di halaman Home tekan Info Rekening
  2. Kemudian tekan Daftar Mutasi
  3. Lalu pilih waktu transaksi yang akan kita lihat.
  4. Selanjutnya ikuti perintahnya (misal memasukkan password dan kode pin)

Namun bukti transaksi yang muncul tidak bisa dijadikan sebagai bukti yang kuat karena masih banyaknya informasi yang kurang. Berikut ini misalnya contoh daftar mutasi yang tampil:

Cara Melihat Kembali Bukti Transfer di BSI Mobile Banking
Contoh daftar mutasi

Selain kurangnya informasi, daftar mutasi seperti di atas tidak bisa dijadikan alat bukti yang kuat. Tampilannya yang kurang rapi membuat orang menjadi ragu.

2# Melihat Bukti Transfer Melalui Resi (Direkomendasikan)

Di BSI Mobile Banking kita bisa mencetak atau melihat bukti Transaksi dengan tampilan yang rapi dan baik. Tampilan ini persis dengan tampilan saat setelah kita selesai melakukan transaksi keluar, sehingga hal ini bisa menjadi alat bukti yang baik.

Berikut langkah-langkah cara melihat Resi atau Bukti Transfer melalui BSI Mobile Banking:

  1. Di halaman utama, tekan icon garis-garis sejajar horizontal (sebelah kiri logo BSI)
  2. Tekan Kotak Masuk
Cara Melihat Kembali Bukti Transfer di BSI Mobile Banking
Masuk di menu Kotak Masuk BSI
  1. Selanjutnya tekan menu tab RESI
2 Cara Melihat Kembali Bukti Transfer di BSI Mobile Banking |
Menu Resi kotak masuk BSI
  1. Kemudian silahkan masukkan password dan kode PIN Anda.
  2. Selanjutnya di halaman RESI Anda akan melihat semua daftar transaksi keluar. Silahkan Anda cari bukti transfer yang ingin Anda cetak atau bagikan.

Berikut ini kira-kira contoh bukti transfer yang berhasil saya cetak atau simpan:

Cara Melihat Kembali Bukti Transfer di BSI Mobile Banking
Contoh bukti transfer/pembayaran

Kesimpulan

Ada 2 cara mudah kita melihat bukti transaksi atau bukti transfer di BSI Mobile Banking. Pertama adalah melalui daftar mutasi. Cara pertama menurut saya kurang rekomendasi, selain tidak dijadikan bukti kuat, ternyata di daftar mutasi juga menampilkan semua transaksi kita dari transaksi keluar maupun masuk.

Cara kedua adalah dengan melihatnya di kotak masuk resi. Cara ini lebih di rekomendasikan, karena informasinya cukup lengkap dan terlihat rapi.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar