Update! Mengatasi Disconnect di Router TL-MR6400

Di artikel kali ini saya membagikan pengalaman dan solusi bagaimana cara mengatasi internet disconnect di TL-MR6400 dengan mudah. Artikel ini merupakan terusan dari artikel saya sebelumnya mengenai 2 Solusi Mengatasi Disconnect di TL-MR6400.

Di artikel sebelumya saya menyebutkan 2 Solusi Mengatasi Disconnect di TL-MR6400, cara tersebut terbukti memang dapat mengatasi masalah tersebut namun tidak bisa secara permanen. Di sini saya kembali membuat artikel yang sama namun dapat mengatasinya secara permanen.

Sebelumnya saya jelaskan sedikit terlebih dahulu jika Router ini sudah mendukung sim card 4G, sehingga bagi kita yang tidak punya modem tidak susah-susah untuk membelinya karena sim card langsung bisa dipasang. Berbeda dengan beberapa jenis router lain yang jika kita memerlukan koneksi dari sim card maka kita harus membeli modem terlebih dahulu.

Namun ternyata permasalahan muncul. Mungkin ini di dapati oleh beberapa pengguna saja, khususnya untuk orang yang tinggal di daerah yang jaringannya kurang stabil. Meskipun demikian, di daerah saya jaringan cukup baik namun ini juga terkadang terkena problem ini. Permasalahannya adalah sering disconnected atau terputus sambungannya secara tiba-tiba. Ini terjadi saat saya menggunakan jaringan internet dari SIM card. Yang membuat jengkel adalah ketika sedang berselancar dan mencari informasi penting tiba-tiba internet terputus. Padahal jika dicek sebetulnya sinyalnya cukup kuat.

Solusi Mengatasi Disconnect di TL-MR6400

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak kepada Annon salah satu pengunjung website sanguilmu.com yang telah memberikan solusi dalam mengatasi ini. Beliau sempat komentar dalam halaman artikel saya kurang lebih seperti ini:

Masalahnya di firmware bro. Saya tidak tahu kenapa belum ada update resmi.

Saya pakai hardware v4 dengan firmware beta, 1.11.0 0.9.1 v0001.0 Build 191202 Rel.36104n

Memang agak susah dicari, tapi saya dulu bisa menemukan di salah satu blog.

Dengan firmware ini, masalah teratasi.

Annon

Awalnya saya agak ragu dengan ini, karena saya sendiri sudah melakukan beberapa upgrade firmware namun selalu gagal, sehingga saya biarkan saja sampai beberapa bulan sampai akhirnya saya terpincut untuk membeli Router D-Link DWR-920.

Router D-Link DWR-920 cukup stabil dan tidak ada kendala, namun lama-lama router ini menjadi sering disconnect juga. Kemudian saya tiba-tiba iseng saja mencoba upgrade firmware yang di berikan oleh kang Annon dan ternyata berhasil.

Saya sempat uji sampai beberapa bulan dan sampai saat ini tidak ada kendala apapun, ini artinya firmware tersebut memang benar-benar dapat mengatasi masalah disconnect pada TL-MR6400.

Download Firmware TL-MR6400

Versi stabil dalam mengatasi disconnect ini adalah Firmware Version:1.11.0 0.9.1. Anda bisa mendownloadnya di sini:

Meskipun Firmware versi ini sudah saya anggap paling stabil, namun setelah Anda upgrade nantinya maka tampilannya akan terlihat seperti ini:

Update! Mengatasi Disconnect di Router TL-MR6400
Tampilan setelah di upgrade

Jadi masih ada banyak tulisan-tulisan Confidential . Namun tidak masalah, bagi saya ini tidak terlalu mengganggu yang penting koneksinya tetap stabil dan tidak ada macet-macet lagi.

Cara Upgrade Firmware

Setelah kita mendownload firmware, selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan upgrade firmware. Bagi teman-teman yang sudah tau mungkin cara ini bisa Anda skip saja, namun bagi yang belum tau sebaiknya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Catatan: Abaikan tulisan Confidential pada gambar tutorial, karena tutorial ini saya lakukan setelah melakukan upgrade.
  1. Buka IP http://192.168.1.1/ di browser Anda, dan masukkan password login router.
  2. Klik menu tab Advanced.
  3. Klik menu System Tools » Firmware Upgrade
Update! Mengatasi Disconnect di Router TL-MR6400
Masuk di halaman firmware upgrade
  1. Pada bagian Local Upgrade silahkan klik Browse dan masukkan file yang tadi Anda download.
  2. Terakhir klik Upgrade
Update! Mengatasi Disconnect di Router TL-MR6400
Cara upgrade via local

Kesimpulan

Setelah melakukan langkah di atas masalah disconnect saya di TL-MR6400 sudah tidak terjadi lagi. Saya berharap teman-teman juga tidak mengalami kendala lagi dalam koneksi internet. Sampai saat ini saya masih menggunakan router TL-MR6400 dalam keseharian, sedangkan router D-Link DWR-920 kembali saya simpan kembali.

Jika ada yang perlu didiskusikan jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar. Bagikan artikel ini kepada teman Anda yang membutuhkan.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Tinggalkan komentar