4 Cara Menggabungkan File PDF – Gratis

Pada artikel ini saya menunjukan cara kepada Anda bagaimana cara menggabungkan file PDF dengan cara gratis. Maksudnya cara gratis di sini kita tidak menggunakan cara premium yang mengharuskan kita untuk mengeluarkan dana dalam penggunaanya.

Misalnya cara premium yang dapat Anda lakukan menggunakan aplikasi dari Adobe PDF, dimana untuk menggabungkan file di PDF mengharuskan kita untuk menggunakan fitur premium. Sehingga kita harus mengeluarkan dana dalam melakukan hal tersebut.

Di dalam artikel ini, setidaknya saya mempunyai 4 alternatif cara yang dapat kita lakukan untuk menggabungkan file PDF dengan cara gratis. Berikut ini langkah-langkahnya:

Cara 1: Menggunakan WPS Office

WPS Office merupakan aplikasi kantoran yang dapat Anda dapatkan dengan gratis sebagai Aplikasi Alternatif Terbaik Pengganti Microsoft Office. Meskipun WPS Office mempunyai versi premium namun WPS versi gratis sudah lebih dari cukup. Saya pernah membahas mengenai apa itu WPS Office di website saya yang lain, Anda dapat melihatnya di sini.

Untuk menggabungkan file PDF di WPS Office, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka file PDF menggunakan WPS Office
  2. Klik icon View Thumbnail
  3. Klik page/halaman paling akhir dari PDF Anda. (Di sesuaikan saja, ini tujuannya agar nanti file PDF lain yang ingin kita masukkan berada setelah halaman terakhir)
  4. Klik Insert > Insert Pages > Select From PDF
Cara Menggabungkan File PDF
Cara Menggabungkan File PDF
  1. Cari file PDF lain yang ingin kita gabungkan.
  2. Selanjutnya pada bagian Page Range silahkan sesuaikan bagian halaman mana yang akan kita gabungkan. Kemudian di Insert to silahkan sesuaikan saja mau di sisipkan di bagian halaman mana. Pada Insert Position saya pilih After untuk memilih di sisipkan setelah halaman 2.
Cara Menggabungkan File PDF
Pilihan penggabungan file PDF
  1. Kemudian klik OK
  2. Simpan saja seperti biasanya menyimpan File.

Kekurangan Menggunakan WPS Office

Meskipun cara di atas lebih aman dan lebih fleksibel, namun ada juga kelemahannya. Yaitu jika Anda menggunakan WPS Office untuk keperluan menggabungkan file, sayangnya aplikasi WPS Office yang gratis ini hanya mendukung insert page/halaman hanya sampai 5 halaman saja. Artinya jika Anda menyisipkan lebih dari 5 halaman, Anda harus menggunakan versi premium.

Cara 2: Menggunakan Online

Cara kedua ini lebih praktis dan dan tidak ribet. Namun karena ini cara online, artinya Anda membutuhkan koneksi internet dalam melakukan cara ini. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka website iLovePDF. Atau kunjungi di https://www.ilovepdf.com/.
  2. Klik Marge PDF
  3. Klik Select PDF
  4. Tambah lagi file PDF lain dengan cara klik icon tanda +.
Cara Menggabungkan File PDF
Menggabungkan PDF dengan iLovePDF
  1. Anda bisa menggeser file tersebut sesuai dengan urutan yang ingin Anda inginkan.
  2. Setelah semuanya sesuai, klik Marge PDF, tombol ada di bawah kanan.
  3. Jika sudah maka file PDF yang sudah kita gabungkan tadi otomatis terdownload. Jika download otomatis tidak berfungsi, silahkan klik Download marge PDF.

Kekurangan menggunakan Online

Adapun jika kita menggunakan cara online ini, maka kekurangannya adalah selain kita harus menggunakan koneksi internet, ternyata file kita yang kita unggah tadi menjadi file yang publik dan terunggah di dalam database milik iLovePDF. Orang lain mungkin jadi bisa memanfaatkan ini.

Cara 3: Menggunakan Microsoft Office Word

Cara ke tiga ini sebenarnya bukan cara yang 100% gratis, karena Microsoft Office sendiri sebenarnya kan berbayar. Namun secara umum banyak orang yang mempunyai aplikasi Microsoft Office di laptop/komputernya. Untuk menggabungkan file PDF menggunakan Microsoft Office Word, ada beberapa hal yang mungkin bisa Anda pilih salah satunya.

Ubah Dokumen dalam Bentuk Foto

Jika dokumen Anda sedikit atau misal hanya beberapa lembar saja yang ingin di gabungkan, saran saya ubah dokumen tersebut menjadi gambar/foto. Anda bisa memfotonya menggunakan HP atau scan menggunakan alat scanner. Berikut ini saya merekomendasikan Aplikasi Scanner Gratis Terbaik Tanpa Iklan dan Tanpa Watermark. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masukkan dokumen yang sudah Anda foto tadi di dalam microsoft word. Caranya tinggal klik fotonya dan drag/seret ke dalam dokumen Word.
  2. Sesuaikan ukuran dokumen tersebut sehingga memenuhi semua sisi.
  3. Jika ternyata Anda tidak berhasil memperbesar ukuran sampai ke semua sisi, silahkan klik kanan pada gambar tersebut kemudian pilih Wrap Text > In Front of Text
Cara Menggabungkan File PDF
Mengatur gambar agar mudah di sesuaikan ukuran
  1. Masukkan gambar untuk beberapa dokumen lainnya.
  2. Eksport file tersebut dengan cara klik File > Export > Create PDF/XPS.
  3. Beri nama dokumen tersebut kemudian simpan/Publish.

Convert PDF ke Word

Jika dokumen Anda ternyata ada banyak, Anda bisa melakukan dengan cara Convert PDF ke Word terlebih dahulu. Untuk melakukan convert PDF ke Word sebetulnya sangatlah mudah. Sebelumnya saya pernah membuat tutorial Cara Aman Convert File PDF ke Word (.docx). Namun agar lebih simpel, kita bisa mengconvert file PDF ke Word dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Word itu sendiri. Berikut ini langkah-langkah convert PDF ke Word dan menggabungkan file PDF.

  1. Klik kanan pada file PDF > Open With > Microsoft Word. Jika ternyata Microsoft Word tidak ketemu klik Choose Another App.
  2. Jika ada muncul pup up bertuliskan “Microsoft will now convert….” maka silahkan klik OK saja.
Cara Menggabungkan File PDF
Mengconvert PDF ke Word
  1. Selanjutnya ulangi langkah untuk file yang lain.
  2. Gabungkan dalam satu word yang sama.
  3. Eksport file tersebut dengan cara klik File > Export > Create PDF/XPS.
  4. Beri nama dokumen tersebut kemudian simpan/Publish.

Kekurangan Menggunakan MS Word

Jika melihat dari langkah-langkah di atas mungkin Anda sudah bisa menebaknya sendiri apakah kekurangannya jika menggunakan cara ini. Caranya agak ribet..

Cara 4: Menggunakan PDFtk

Cara ke empat ini merupakan cara yang paling recommended menurut saya. Ada sebuah aplikasi yang sangat ringan dan gratis miliknya PDF Labs, nama aplikasinya PDFtk. Anda dapat mendownload aplikasi ini langsung melalui website resmi PDF Labs. PDFtk sendiri sebenarnya ada versi Free dan versi Pro. Perbedaanya, versi free hanya bisa untuk menggabungkan dan memisahkan PDF. Sedangkan jika menggunakan versi Pro selain bisa untuk menggabungkan dan memisahkan file PDF, bisa juga untuk merotasi, membuat watermark.

Baiklah link download dapat Anda temukan di sini.

Untuk menggnakannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi PDFtk
  2. Masukkan file PDF dengan cara klik Add PDF. Anda bisa langsung memasukkan lebih dari satu file PDF
  3. Atur urutannya dengan cara menggeser ke atas atau kebawah file tersebut.
  4. Jika sudah klik Create PDF.
  5. Simpan file tersebut dan beri nama.

Kesimpulan

Itulah tadi 4 cara bagaimana menggabungkan file PDF dengan mudah dan gratis. Silahkan Anda pilih dan sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Jika file tersebut hanya sedikit (kurang dari 5 halaman) saya sarankan menggunakan WPS Office. Jika filenya banyak bisa menggunakan cara online di iLovePDF. Namun jika ternyata file tersebut secara default memang berupa file gambar, saya sarankan menggunakan Microsoft Office Word. Jika kebutuhan Anda banyak menggunakan keperluan penggabungan file PDF yang paling recommended menurut saya menggunakan aplikasi PDFtk. Aplikasi ini ringan dan cukup kuat meskipun laptop/komputer Anda mempunyai spesifikasi yang kurang.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Satu pemikiran pada “4 Cara Menggabungkan File PDF – Gratis”

Tinggalkan komentar