Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Cara Aman Convert File PDF ke Word (.docx)

1 min read

cara convert pdf ke word

Mengapa saya memberi judul Cara Aman …?

Karena sebagian cara yang digunakan umumnya adalah dengan meng-convert/mengubah file dari PDF ke Word dengan cara upload file online yang tidak jelas diwebsite apa dan milik siapa. Bukan berarti saya berburuk sangka dengan website tersebut, namun akan lebih amannya seandainya kita bisa melakukan yang aman-aman saja.

Ada juga sebagian yang melakukan convert dengan menginstal terlebih dahulu software. Cara ini juga sebetulnya juga cukup aman, namun mungkin lebih membuat kita repot karena harus instal aplikasi terlebih dahulu. Belum lagi jika kita sebetulnya hanya ingin meng-convert satu waktu/file saja, dan tidak ingin menggunakan secara produktif. Tentu aplikasi yang sudah terlanjur kita instal akan mengendap tidak terpakai di komputer/laptop kita.

Cara yang akan kita lakukan kali ini menurut saya lebih efektif. Kita hanya butuh akun google untuk melakukannya. Dan saya yakin dari kita pasti sudah banyak yang mempunyai akun google atau email dari google (gmail).

Looh bukannya ini sama saja dengan cara online?

Betul, yang kita gunakan adalah dengan cara online. Tapi siapa sih yang tidak tau Google? Saya yakin hampir dari kita semua sudah tau perusahaan milik google ini. Perusahaan dengan tingkat keamanan yang sudah jelas tidak diragukan lagi. Drive google juga sudah banyak di gunakan oleh orang-orang pada umumnya, jika ini tidak di anggap aman mungkin Google sudah tutup dari dulu karena banyak yang komplain.

Tutorial

Saya asumsikan Anda sudah mempunyai akun google ya..

Baca Juga:  Aplikasi Alternatif Terbaik Pengganti Microsoft Office

1) Buka halaman Google Drive, halaman bisa Anda kunjungi di: http://drive.google.com/. Jika Anda di alihkan untuk melakukan login, silahkan login terlebih dahulu.

2) Upload file PDFnya. Anda bisa menempatkan file PDF dimana saja, jika sudah di tentukan cara upload-nya gampang, silahkan klik kanan pada layar tersebut kemudian klik Upload File. Anda juga bisa melakukan dengan cara klik Baru (di pojok kiri atas) terus klik Upload File.

Cara Aman Convert File PDF ke Word (.docx) |

3) Jika sudah ter-upload silahkan doble click atau klik kanan terus Pratinjau pada file tersebut.

4) Klik Buka dengan Google Dokumen. Posisi tombolnya ada di atas halaman pratinjau tadi. Jika sudah Anda klik, maka file yang tadi kita buka akan di bawa ke Google Dokumen.

Cara Aman Convert File PDF ke Word (.docx) |

Pada tahap ini sebetulnya file PDF yang tadi kita upload sudah bisa edit secara manual. Namun bagaimana untuk menyimpannya di dalam komputer kita? Caranya ada di langkah ke 5.

5) Download File dalam bentuk Word atau yang lainnya. Silahkan klik File kemudian Download, kemudian silahkan Anda bisa pilih akan di download dalam bentuk apa saja. Namun karena di judul artikel ini kita akan meng-convert dalam bentuk file Microsoft Word atau docx, maka kita memilih mendownload file dalam bentuk Microsoft Word.

Cara Aman Convert File PDF ke Word (.docx) |

Tutorial Video

Jika dirasa tutorial di atas masih kurang jelas, saya juga buatkan dalam bentuk video yang sudah di upload di YouTube. Silahkan tonton di bawah ini:

Itu saja barangkali tutorial mengubah file PDF menjadi Word, jika ada yang perlu di diskusikan silahkan tulis saja di kolom komentar.

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

One Reply to “Cara Aman Convert File PDF ke Word (.docx)”

Tinggalkan Balasan