Cara Kompres File PDF dengan Aman – Gratis

Di artikel ini saya membagikan tutorial tentang bagaimana cara mengkompres atau mengecilkan ukuran file PDF dengan Aman. Sebelumnya saya juga pernah membuat tutorial tentang 4 Cara Menggabungkan File PDF – Gratis.

Mungkin ada di antara kita yang di hadapkan dalam suatu kondisi yang mengharuskan kita untuk mengecilkan ukuran file PDF. Salah satu contohnya adalah ketika kita diminta untuk mengunggah berkas file PDF di suatu sistem. Sistem tidak mau menerima jika ukuran file terlalu besar. Sehingga mau tidak mau kita harus mengecilkan ukuran file tersebut. Ini saya alami sendiri ketika ingin melamar suatu pekerjaan, contohnya seperti yang sedang marak saat ini yaitu penerimaan CPNS. File yang di unggah minimal harus di bawah 1MB, bahkan ada yang 500Kb.

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan dalam mengkompres file PDF. Namun tidak semua yang dilakukan aman untuk file kita. Contohnya saja ketika kita ingin mengkompres file PDF dengan cara online. Saya katakan tidak aman bukan berarti saya tidak percaya dengan situs penyedia kompres file PDF. Namun lebih kepada menjaga, karena file yang kita unggah menjadi file publik yang khawatir bisa saja di manfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Aplikasi Kompres File PDF

Saya sendiri terkadang agak khawatir ketika mengunggah dan mengkompres file seperti data ijazah, atau file penting lainnya melalui online. Sehingga solusi yang dapat kita lakukan adalah dengan menggunakan cara offline. Dengan cara offline artinya file kita tidak publik, dan saya rasa lebih aman. Namun untuk melakukan ini kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Saya mempunyai rekomendasi aplikasi terbaik untuk mengecilkan file PDF. Nama aplikasinya adalah Reduce PDF Size. Aplikasi ini gratis tis tis.. Anda bisa download aplikasi ini melalui websitenya resmi di sini:

Aplikasi ini sangat ringan sekali, karena hanya mempunyai ukuran file master sebesar 7.2MB. Aplikasi ini sangat sederhana, namun powerful. Bahkan kita bisa mengkompres file PDF lebih dari satu dalam satu tindakan.

Fitur lain di aplikasi ini adalah kita bisa memilih untuk mengecilkan ukuran file berdasarkan apa.

Cara Kompres File PDF dengan Aman
Pilihan jenis kompresi PDF

Aplikasi ini mendukung pengaturan kompresi PDF berikut:

  • Screen-view-only Quality
  • Low Quality (eBook)
  • High Quality (Printer)
  • High Quality (Prepress)
  • Default Quality

Cara Kompres File PDF Menggunakan Reduce PDF Size

Seperti yang sudah saya katakan tadi, untuk menggunakanya sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi Reduce PDF Size
  2. Klik File » Add PDF Files… untuk memasukkan file PDF yang akan kita kecilkan ukuran filenya.
Cara Kompres File PDF dengan Aman
Memasukkan file original PDF
  1. Klik File » Reduce PDF File Size… untuk melakukan proses pengecilan ukuran file.
Cara Kompres File PDF dengan Aman
Proses pengecilan ukuran file
  1. Cari lokasi dimana Anda akan menyimpan file. Kemudian OK

Selanjutnya kita bisa langsung melihat hasilnya. Berikut ini contoh hasil saya mengkompress file PDF.

Cara Kompres File PDF dengan Aman
Perbandingan file PDF sebelum dan setelah di kompres

Seperti yang Anda lihat, file PDF saya yang awalnya berukuran 741 KB berubah menjadi 159 KB. Jika menurut Anda ukuran ini masih besar dan Anda ingin mengecilkannya lagi, Anda bisa melakukan variasi pada bagian Option, seperti pada gambar pertama sebelumnya.

Bagaimana dengan Hasilnya?

Hasilnya file PDF yang sudah kita kompres tadi tidaklah mengalami penurunan kualitas. Tidak pecah dan masih terlihat seperti tidak dikompres. Untuk mengetahui lebih detailnya, silahkan tonton video berikut


Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar