Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan

Tanda tangan scan di era pandemi saat ini lagi benar-benar sangat dibutuhkan dalam dunia perkantoran, pendidikan, maupun dunia pekerjaan lainnya. Alasan utama biasanya karena untuk menghindari pertemuan langsung. Alasan lain biasanya memang salah satu dari kedua belah pihak, baik peminta tanda tangan atau yang akan menandatangani sedang ada banyak kesibukan.

Pernah suatu saat ketika pembimbing tugas akhir saya hanya memberikan scan tanda tangan seadanya. Foto scan tanda tangan benar-benar seadanya, dengan background yang masih terlihat jelas. Secara, tidak mungkin jika foto tanda tangan ini langsung di masukkan di dalam microsoft word. Karena bakal terlihat backgoundnya. Untuk mengatasi ini mau tidak mau saya harus menghapus background foto, agar hasilnya terlihat bagus dan harapannya bisa transparan.

Nah pada tutorial kali ini saya akan membagikan tutorial kepada teman-teman bagaimana cara menghapus background di foto tanda tangan. Sebetulnya tutorial ini tidak hanya bisa menghapus background dari tanda tangan saja, namun bisa juga menghapus background foto milik kamu.

Sebetulnya banyak cara untuk melakukan ini. Cara yang akan saya bagikan ke teman-teman saat ini mungkin yang lebih praktis. Hal ini saya mempertimbangkan kemudahan cara penggunaanya, mudah di cari aplikasinya, dan anti ribet. Cara lain ada, saya bahkan pernah membuat tutorialnya dalam bentuk video, yaitu:

Aplikasi Menghapus Background

Untuk melakukan ini, kali ini saya akan membagikan cara yaitu dengan menggunakan aplikasi Paint 3D. Aplikasi ini biasanya sudah langsung tersedia di dalam Windows 10 versi terbaru.

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan |

Jika di laptop/komputer Anda belum Anda, silahkan download dan instal melalui link berikut:

Cara Menghapus Background Scan Tanda Tangan

Pertama yang perlu Anda persiapkan adalah foto tanda tangan Anda. Cukup gunakan handphone Anda yang mempunyai kamera yang cukup baik. Sebetulnya semakin bagus hasil kameranya maka itu lebih baik.

Tanda tangan bisa dilakukan di atas kertas warna putih bersih. Jadi disarankan ada perbedaan kontras antara warna background dan warna tanda tangan. Misalnya warna kertasnya putih, dan warna ballpoint yang di jadikan tanda tangan hitam.

Tutorial Hapus Background

1) Buka aplikasi Paint 3D.

2) Klik New.

3) Masukkan foto tanda tangan Anda ke dalam Pint 3D. Caranya dengan menseret file foto tanda tangan Anda ke dalam aplikasi Paint 3D.

4) Klik Select dan lakukan seleksi pada foto tanda tangan Anda.

5) Klik menu Magic select.

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan |

6) Setelah Anda klik Magic Select, seketika tampilan project berubah dan menseleksi beberapa gambar yang terlihat kontras. Anda tinggal mengatur saja bagian mana yang perlu di hapus dan bagian mana yang perlu di perlihatkan. Cara mengaturnya ada di bagian Refine your cutout.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar gif berikut ini:

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan |

Cara Memindahkan Tanda Tangan di dalam Microsoft Word

Setelah menghapus background selanjutnya adalah memindahkan tanda tangan kita di dalam aplikasi. Biasanya yang di gunakan aplikasi Microsoft Office Word. Untuk melakukan hal tersebut berikut ini langkah-langkahnya:

1) Copy gambar foto yang sudah kita pisahkan background tadi. Caranya klik kanan lalu Copy.

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan |

2) Selanjutnya tinggal Anda paste saja di Microsoft Word, maka selesai.

Simpan Foto Tanda Tangan Dalam Bentuk File PNG

Mengapa disimpan dalam bentuk PNG? Karena format ini yang mendukung file dengan background transparan. File ini nanti bisa dengan mudah Anda simpan dan di lain waktu bisa Anda gunakan. Berikut ini tutorialnya

1) Copy gambar foto yang sudah kita pisahkan background tadi. Caranya klik kanan lalu Copy. (sama seperti cara di atas)

2) Buka ulang aplikasi Paint 3D, dan klik New.

3) Paste foto Anda di lembar kerja Paint 3D.

4) Klik kanan pada lembar kerja (bukan pada gambar foto ya), klik Canvas Options.

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan |

5) Pada bagian Canvas, hidupkan Transparent canvas dengan cara di klik saja.

Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan |

6) Jika dirasa rasio objek dengan frame terlalu besar, Anda tinggal lakukan Crop saja, dengan cara klik Crop di menu kiri atas. Namun jika di rasa sudah cukup tinggal Anda Save.

7) Simpan file tadi dengan cara, klik Menu di pojok kiri atas, lalu Save as, dan klik Image. Lalu tulis nama file dan simpan sebagaimana Anda biasa menyimpan file.

Kesimpulan

Mungkin ada banyak cara untuk melakukan ini. Namun cara ini menurut saya paling praktis, dan anti ribet. Saya juga pernah membuat tutorial Memasukkan Tanda Tangan di PDF – Cara GRATIS, mungkin tutorial itu juga bisa bermanfaat untuk Anda.

Jika ada yang perlu di diskusikan jangan segan untuk menulis di kolom komentar.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan