Cara Hapus Background Tanda Tangan di Word, Excel dan PowerPoint

Kali ini saya berbagi tutorial bagaimana cara menghapus background tanda tangan di aplikasi Office seperti Word, Excel dan PowerPoint. Tanda tangan digital di era digital memang sangatlah penting. Oleh karena itu silahkan baca dengan cermat langkah-langkah yang saya buat di bawah ini, karena tutorial ini saya berusaha buat sedetail mungkin, agar teman-teman yang awam juga pasti bisa mengikutinya.

Sebetulnya saya cukup banyak membuat tutorial terkait cara menghapus background tanda tangan. Tidak hanya berupa artikel di sanguilmu.com saja, namun juga saya buat di channel Youtube Sangu Ilmu. Berikut ini list yang mungkin berguna untuk Anda:

Nah pada artikel ini saya kembali membuat tutorial terkait hal yang sama, hanya saja aplikasi yang saya gunakan yang sudah familiar dan sering kita gunakan, yaitu menggunakan aplikasi milik Microsoft Office, seperti Word, Excel dan PowerPoint.

Ketentuan Gambar Tanda Tangan

Sebelum kita memulai tutorialnya sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu beberapa ketentuan scan gambar tanda tangan Anda.

  • Pastikan Anda sudah mempersiapkan scan foto tanda tangan Anda. Anda bisa menggunakan HP untuk menfoto tanda tangan Anda. Foto saja seperti biasanya, tidak perlu menggunakan aplikasi scanner.
  • Pastikan foto tanda tangan Anda dengan background berwarna berbeda. Misalnya tanda tangan pulpoin Anda menggunakan warna hitam, dan Anda tanda tangan di background yang berwarna putih bersih. Artinya kedua warna ini berbeda jauh warnanya.

Setidaknya kedua hal di atas bisa terpenuhi agar terhindar dari keribetan saat mengedit foto.

Tutorial Menghapus Background Tanda Tangan di Word, Excel dan PowerPoint

Tutorial yang saya praktekkan kali ini menggunakan aplikasi Excel. Tidak ada beda dari segi tampilannya saat mengikuti tutorial ini, meskipun Anda menggunakan Word maupun PowerPoint. Berikut ini langkah-langkahnya:

1). Buka aplikasi Office Anda

2). Import Foto dengan cara: Klik Insert lalu klik Pictures dan pilih This Device..

Cara Hapus Background Tanda Tangan di Word, Excel dan PowerPoint
Cara import gambar di Office

3). Klik gambar yang sudah Anda import tadi, lalu klik menu Picture Format, dan klik Remove Background.

Cara Hapus Background Tanda Tangan di Word, Excel dan PowerPoint
Cara hapus background foto

4). Selanjutnya Anda akan melihat gambar tanda tangan Anda di kelilingi oleh background berwarna ungu. Background yang berwarna ungu ini artinya gambar background yang bakal terhapus. Jika Anda melihat ini sudah sesuai, maka langkah ini sudah selesai. Lalu klik Keep Changes.

5). Opsional, jika gambar tanda tangan Anda masih belum rapi, pada menu Background Removal, silahkan klik Mark Areas to Remove untuk memilih background yang belum terhapus. Dan klik Mark Areas to Keep jika ternyata tulisan tanda tangan Anda ikut terhapus. Setelah itu arahkan kursor ke bagian mana background mau di hapus atau tanda tangan mau di pertahankan. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat gambar GIF berikut ini:

Cara Hapus Background Tanda Tangan di Word, Excel dan PowerPoint
Langkah-langkah menghapus background foto yang masih belum rapi

Pentutup

Itulah langkah-langkah bagaimana cara menghapus background tanda tangan agar hasilnya rapi menggunakan aplikasi Microsoft Office. Jika ada yang perlu didiskusikan silahkan tulis saja di kolom komentar.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar