2 Solusi Mengatasi Disconnect di TL-MR6400

Wifi Router TL-MR6400 saat ini lagi naik-naiknya daun, meskipun saya sudah beli router ini sejak lama. Namun karena banyaknya kebutuhan router ini menjadi primadona saat ini. Alasannya tidak lain karena banyaknya fitur-fitur yang bermanfaat serta penggunaanya yang cukup mudah.

Router ini sudah mendukung sim card 4G, sehingga bagi kita yang tidak punya modem tidak susah-susah untuk membelinya karena sim card langsung bisa dipasang. Berbeda dengan beberapa jenis router lain yang jika kita memerlukan koneksi dari sim card maka kita harus membeli modem terlebih dahulu.

Namun ternyata permasalahan muncul. Mungkin ini di dapati oleh beberapa pengguna saja, khususnya untuk orang yang tinggal di daerah yang jaringannya kurang stabil. Meskipun demikian, di daerah saya jaringan cukup baik namun ini juga terkadang terkena problem ini. Permasalahannya adalah sering disconnected atau terputus sambungannya secara tiba-tiba. Ini terjadi saat saya menggunakan jaringan internet dari SIM card. Yang membuat jengkel adalah ketika sedang berselancar dan mencari informasi penting tiba-tiba internet terputus. Padahal jika dicek sebetulnya sinyalnya cukup kuat.

Jika kita akses melalui http://192.168.1.1/, maka kita akan mendapatkan informasi temuan pesan paga bagian menu internet sebagai berikut:

2 Solusi Mengatasi Disconnect di TL-MR6400 |

Di bagian Internet Status tertulis Disconnected dan terdapat keterangan tulisan:

Unknown failure reason. Please maka sure your configuration is correct

Namun demikian kadang juga mendapati pesan yang berbeda, hanya saja saya lupa tidak melakukan cepture.

Solusi

Disini saya akan memberikan 2 solusi bagi Anda. Solusi ini saya dapatkan melalui pengalaman dan mencari beberapa referensi.

Solusi 1- Lakukan Restart/Reboot Router

Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi disconnected pada router TP Link MR6400. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka IP http://192.168.1.1/ di browser Anda, dan masukkan password login router.

2. Pada menu di pojok kanan atas silahkan klik Reboot

2 Solusi Mengatasi Disconnect di TL-MR6400 |

Perlu diketahui, cara ini memang cukup ampuh, setelah anda restart seharusnya internet kembali bisa digunakan. NAMUN.. Cara ini tidak menyelesaikan masalah, beberapa waktu nanti bisa jadi internet kembali disconnected. Jika cara ini menurut Anda terlalu merepotkan, mungkin bisa ikuti cara ke 2.

Solusi 2 – Ubah Network Mode

Cara ini juga cukup ampuh untuk mengatasi disconnected. Selain itu cara ini juga cukup ringkas dan efektif daripada cara yang pertama. Kita hanya cukup mengubah Network Mode di dalam router. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka IP http://192.168.1.1/ di browser Anda, dan masukkan password login router.

2. Masuk di BASIC kemudian Internet.

3. Pada bagian Network Mode silahkan Anda ubah. Misalnya sebelumnya Anda menggunakan 4G Preferred, maka ubahlah ke 4G Only. Dan sebaliknya jika sebelumnya menggunakan 4G Only maka ubah ke 4G Preferred.

4. Jika sudah jangan lupa klik Save.

Tunggulah beberapa detik, maka internet seharusnya kembali bisa digunakan. Namun perlu diketahui juga, kembali cara ini sebetulnya tidak menyelesaikan masalah. Dalam beberapa waktu mungkin internet kembali akan terputus seperti biasa. Namun cara ini lebih simpel daripada cara pertama karena tidak menunggu banyak waktu. Jika mengalami disconnected lagi maka ubah lagi Network Mode nya seperti cara di atas.

Kesimpulan

Sampai dengan di tulisnya artikel ini, saya belum menemukan cara yang benar-benar ampuh mengatasi seringnya disconnect pada TP-Link TL-MR6400. Jika Anda melihat di beberapa forum TP-Link sepertinya banyak yang mengalami hal serupa, namun tidak menemukan solusinya. Meskipun demikian, meskipun sampai saat ini belum di temukan solusinya biasanya akan ada beberapa pembaharuan firmware. Yang ini biasanya bisa mengatasi permasalahan ini.

Jujur saja, saya sampai saat ini sudah bosan melakukan beberapa langkah di atas karena tidak benar-benar menyelesaikan masalah secara permanen. Akhirnya saya mempensiunkan dini TL-MR6400 saya dan ganti ke D-Link DWR-920. Selama 2 hari pemakaian ini saya merasa nyaman dengan router modem wifi saya dan tidak mengalami masalah yang serius seperti yang ada pada TP-Link TL-MR6400.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

3 pemikiran pada “2 Solusi Mengatasi Disconnect di TL-MR6400”

  1. Masalahnya di firmware bro. Saya tidak tahu kenapa belum ada update resmi.
    Saya pakai hardware v4 dengan firmware beta, 1.11.0 0.9.1 v0001.0 Build 191202 Rel.36104n
    Memang agak susah dicari, tapi saya dulu bisa menemukan di salah satu blog.
    Dengan firmware ini, masalah teratasi.

    Balas

Tinggalkan Balasan