Memasukkan Tanda Tangan di PDF – Cara GRATIS

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kebutuhan digital saat ini menjadi hal yang wajib diketahui. Segala macam pemberkasan fisik saat ini dialihkan kepada bentuk digital atau bentuk soft-file. Seperti hanya pada pembahasan kita saat ini.

Beberapa berkas yang atau beberapa kegiatan yang membutuhkan tanda tangan saat ini bukan lagi diberikan dalam bentuk dokumen fisik, namun lebih kepada digital atau berbentuk file. Tidak jarang file yang diberikan kepada kita dalam eksitasi PDF.

Cara Manual

Cara manual mungkin bisa kita lakukan dengan mencetak file tersebut kemudian kita bisa isi atau masukkan tanda tangan kita di lembar kertas, selanjutnya kita scan ulang. Apa ini yang selama ini Anda lakukan?

Secara aturan ini mungkin sah, namun bisa mengurangi kualitas dari isi dokumen kita. Jika kita melakukan demikian, maka bisa jadi kualitas file menjadi kurang jelas tulisannya, atau ketika pihak peminta ttd tersebut ingin mencetak ulang pasti hasilnya juga akan tambah buram.

Solusi terbaik yang dapat kita lakukan adalah dengan memasukkan tanda tangan digital kita ke dalam file PDF tersebut. Solusi ini mungkin lebih praktis dan tentu lebih efisien. Selain itu kualitas dari dokumen kita pasti juga akan jauh lebih baik.

Persiapan

1. Aplikasi WPS Office. Aplikasi ini gratis dan Anda bisa mendownload aplikasi ini melalui website resminya disini. Aplikasi WPS ini merupakan salah satu aplikasi alternatif pengganti Microsoft Office. Saya pernah menjelaskan ini Aplikasi Alternatif Terbaik Pengganti Microsoft Office.

2. File tanda tangan digital. Saya menyarankan Anda menggunakan tanda tangan yang sudah transparan, jadi tidak ada background putih atau warna lainnya di belakangnya. Biasanya file yang transparan seperti ini berbentuk file PNG. Saya pernah membuatkan tutorial cara membuat tanda tangan dengan tampilan transparan, silahkan lihat videonya disini.

Jika Anda tidak memiliki file ttd, di dalam tutorial ini Anda juga bisa melakukan tanda tangan langsung melalui aplikasi.

Tutorial

1) Buka file PDF Anda menggunakan aplikasi WPS Office. Jika default-nya Aplikasi Anda tidak menggunakan aplikasi WPS Office, Anda bisa dengan cara klik kanan file lalu Open with dan cari WPS Office.

Memasukkan Tanda Tangan di PDF - Cara GRATIS |

2) Klik menu Insert => Signature => New Signature

Memasukkan Tanda Tangan di PDF - Cara GRATIS |

3) Ada 3 pilihan untuk memasukkan tanda tangan, pilihan tertera di dalam menu tab:

Memasukkan Tanda Tangan di PDF - Cara GRATIS |
  • Image: Anda memasukkan langsung tanda tangan Anda menggunakan file.
  • Input: Memasukkan tanda tangan menggunakan tulisan, font tulisan bisa Anda atur sesuai dengan yang diinginkan.
  • Draw: Anda langsung menggambarkan tanda tangan Anda melalui aplikasi. Menggambar bisa dilakukan langsung menggunakan mouse.

Di dalam tutorial ini saya hanya mencontohkan menggunakan pilihan Image. Artinya saya tinggal upload saya file tanda tangan saya.

4) Pada bagian Image masukkan tanda tangan dengan cara klik Add image. Jika tanda tangan sudah masuk tinggal klik OK.

5) Pada bagian akhir silahkan masukkan tanda tangan Anda dimanapun Anda ingin menempatkan. Anda juga masih bisa mengatur ukuran dari tanda tangan tersebut.

Memasukkan Tanda Tangan di PDF - Cara GRATIS |

6) Jika sudah selesai jangan lupa untuk klik save.

Tutorial Video

Jika tahapan di atas masih kurang jelas, Anda bisa menonton video berikut:

Penutup

Cara ini paling aman kita lakukan jika kita menggunakan. Sebetulnya ada juga cara lain yang bisa Anda lakukan, seperti cara online. Salah satu website penyedia edit PDF yaitu di Sejda, Anda bisa mengunjungi di websitenya disini. Namun ini tidak saya sarankan, karena ini bersifat terbuka/online, dan khawatir dokumen atau data tanda tangan kita digunakan oleh yang tidak bertanggung jawab.

Ohya cara lain Anda bisa mengunjungi di tulisan saya sebelumnya di: 3 Cara Edit Tulisan di PDF, GRATIS!

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan