Daftar 10+ Aplikasi Pembelajaran Daring yang Disarankan Kemendikbud

Di zaman modern ini kita diharuskan untuk mengikuti perkembangan zaman. Ketika kita di benturkan sebuah keadaan yang menjadikan kita untuk tidak bisa saling bertemu khususnya untuk guru dan murid. Melalui teknologi developer telah mengembangkan solusi-solusi jitu agar permasalahan yang di hadapi oleh seseorang dapat terselesaikan dengan mudah.
Saat ini, belajar tidak lagi terpaku di ruang kelas dengan materi yang terbatas. Saat ini Anda bisa belajar di mana saja dengan materi yang tidak terbatas dan tentunya yang sesuai dengan passion Anda.

Saat ditulisnya artikel ini, virus Corona atau disebut juga Covid19 melanda negeri tercinta kita. Untuk memutuskan rantai virus pandemi ini pemerintah mewajibkan untuk tinggal di rumah. Tidak terkecuali hal ini bagi murid dan guru.

Namun hal ini tidak lantas menjadikan kita untuk bermalas-malasan di rumah. Pemerintah menyediakan beberapa rekomendasi untuk mengatasi hal ini. Yah aplikasi daring.. Pemerintah dalam hal ini kemendikbud merekomendasikan 10 aplikasi lebih pembelajaran daring yang dapat di manfaatkan oleh guru dan murid, apa saja itu? Berikut ini 10 aplikasi lebih yang di rekomendasi yang dapat Anda manfaatkan:

 

1. Rumah Belajar

Rekomendasi pertama dari kemendikbud adalah Rumah Belajar. Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar daring yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tujuan untuk menyediakan alternatif sumber belajar dengan pemanfaatan teknologi. Terdapat berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara gratis.
Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.
Selain dapat di akses melalui website, aplikasi Rumah Belajar juga dapat Anda akses melalui Android, berikut link download plikasi Android:

 

2. TV Edukasi

TV Edukasi juga merupakan aplikasi yang  dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. TVe (Televisi Edukasi) adalah salah satu stasiun televisi di Indonesia yang khusus ditujukan untuk menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan berfungsi sebagai media pembelajaran. Tujuan didirikannya TV Edukasi ialah memberikan layanan siaran pendidikan berkualitas untuk menunjang tujuan pendidikan nasional. Sasaran TV Edukasi adalah peserta didik dari semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan, praktisi pendidikan, dan masyarakat.
Stasiun TV Edukasi dikelola oleh PUSTEKKOM (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jaringan layanan TV Edukasi meliputi: TV Edukasi News, Video Pembelajaran (VoD), Ensiklomedia, Kihajar dan Radio Suara Edukasi, yang dapat diakses melalui aplikasi mobile ini.
Untuk akses informasi lebih lengkap, silahkan mengunjungi websitenya disini
Selain tersedia melalui website, TV Edukasi juga dapat di akses melalui smartphone, berikut link aplikasi android yang dapat Anda download dengan gratis:

3. Meja Kita

MejaKita merupakan platform pendidikan daring yang memberdayakan siswa di berbagai wilayah di Indonesia untuk berkolaborasi dalam pembelajaran. Penyajian materi dilakukan secara tematis dan dilengkapi forum diskusi yang bisa dimanfaatkan untuk tanya jawab. Platform ini sudah digunakan 15,000+ siswa di 223 kota.
MejaKita menyediakan materi pembelajaran dari SD-SMA yang gratis dan cukup lengkap, serta ribuan catatan yang sudah diunggah oleh murid-murid di komunitas pelajar di seluruh Indonesia. MejaKita mendukung siswa yang harus belajar di rumah untuk tetap dapat berdiskusi PR, soal dan tugas, serta berbagi catatan dan materi pembelajaran lainnya
Mejakita adalah sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh sekumpulan pelajar yang memiliki antusiasme yang tinggi terhadap pendidikan. Mereka mempunyai ketertarikan yang beragam, mulai dari bermusik, IT hingga desain. Namun, mereka dipersatukan oleh satu pemahaman bahwa mendapatkan pendidikan yang berkualitas adalah hak setiap siswa Indonesia. Mereka bertekad untuk berbagi pengetahuan dan mengundang semua siswa Indonesia untuk sebuah perubahan.
MejaKita selain dapat di akses melalui website resminya, mereka juga menyediakan aplikasi gratis untuk dapat di download melalui smarphone. Berikut link aplikasi yang dapat Anda download melalui android:

4. ICANDO

ICANDO merupakan aplikasi pendidikan anak yang memiliki program pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi yang dikembangkan secara komprehensif dengan ratusan minigames yang akan meningkatkan motivasi belajar anak-anak di jenjang PAUD. Karakter yang hidup dan interaktif, Pak Ken, akan menuntun anak-anak belajar melalui konten edukasi yang ada di ICANDO.
ICANDO merupakan aplikasi edukasi anak dengan menggunakan metode yang terbukti efektif melalui riset-riset ilmiah. Anak-anak akan dilengkapi dengan berbagai konten belajar interaktif yang menumbuhkan kecakapan hidup dalam berhitung, membaca, menulis, berpikir kreatif, dan memecahkan masalah serta kebiasaan-kebiasaan positif yang akan membentuk pribadi anak yang kuat di masa depan.
Download aplikasi ICANDO melalui playstore pada link dibawah ini:

5. IndonesiaX

IndonesiaX adalah platform online pendidikan yang menawarkan kursus-kursus online (Massive Open Online Courses) dari universitas, institusi dan praktisi di berbagai bidang untuk mencerdaskan bangsa. IndonesiaX telah berpengalaman dalam mendukung penyediaan akses belajar bagi masyarakat melalui kursus-kursus berkualitas yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa. Sejak diluncurkan tahun 2015 hingga sekarang, tercatat lebih dari 500.000 pembelajar yang terdaftar di kursus daring yang dapat diakses secara gratis.
Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2015, IndonesiaX berkomitmen meningkatkan kecerdasan bangsa melalui penyediaan kursus daring gratis untuk mengurangi disparitas atau kesenjangan pendidikan di negeri ini.
IndonesiaX adalah suatu inisiatif yang terfokus pada pengembangan edukasi dan pelatihan online berkualitas tinggi di Indonesia. Tujuannya ialah untuk memperluas akses masyarakat kepada pendidikan dan keterampilan hidup yang berkualitas melalui sebuah platform kursus online terbuka secara besar-besaran atau massive open online course (MOOC) dengan perangkat sistem manajemen belajar atau learning management system (LMS) tercanggih. LMS didesain khusus untuk masyarakat Indonesia dan disajikan dalam bahasa Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengaktualisasikan visi Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses masyarakat kepada pelatihan bersertifikat dan pendidikan terbaik.
Telah banyak institusi yang bermitra dengan IndonesiaX, seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, NET. TV, Bursa Efek Indonesia, Rumah Perubahan, dan masih banyak lagi. Berkat kerjasama ini, Anda bisa mendapatkan ilmu dari institusi besar dan para pakar di bidangnya.
Fitur Aplikasi IndonesiaX:
1. Menonton berbagai video kursus di handphone
2. Mengunduh video kursus dan menyimpannya di handphone
3. Melihat info dan materi kursus, termasuk handbook kursus
4. Mengikuti forum diskusi
5. Mengikuti tes dan ujian akhir
6. Sharing kursus ke teman dan kerabat
Di IndonesiaX, belajar tidak kenal tempat dan usia. Anda bisa belajar kapan saja di mana saja tanpa takut ketinggalan materi. Download aplikasi IndonesiaX di smartphone iOS dan Android Anda.

6. Kelas Pintar

Kelas Pintar merupakan salah satu penyedia sistem pendukung edukasi di era digital yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu murid dan guru dalam menciptakan praktik belajar mengajar terbaik. Dengan menghadirkan personalisasi dashboard untuk Siswa, Guru, dan Orangtua, Kelas Pintar berisi materi kurikulum 2013 yang disajikan dengan interaktif. Kelas Pintar telah hadir di Singapura, UAE, India dan Afrika Selatan.
Kelas Pintar memberikan solusi belajar lengkap untuk siswa SD, SMP, sampai SMA yang bisa akses setiap hari. Kamu bisa belajar sesuai dengan karakter masing-masing, baik secara visual, audio, maupun kinestetik. Dengan metode belajar interaktif dari Kelas Pintar, belajar menjadi lebih mudah dan efektif. Kelas Pintar menggunakan Kurikulum 2013 Revisi Jan 2017 yang diselaraskan dengan konten multimedia yang dibangun oleh para ahli yang berpengalaman di bidang pendidikan dan pembelajaran.
Kelas Pintar menawarkan Total Learning Ecosystem di mana seluruh komponen dalam pendidikan anak, kurikulum pendidikan, proses belajar mengajar, beserta murid, orang tua, guru dan sekolah ada di dalam platform yang sama untuk mendukung kesuksesan murid. Sekolah tehubung dengan aplikasi smartphone yang dapat diakses oleh orang tua untuk memantau perkembangan murid melalui update, notifikasi harian, dan hasil pembelajaran.
Selain dapat di akses melalui website resminya, Kelas Pintar juga menyediakan platform untuk dapat di download melalui android, berikut link untuk dapat di download melalui playstore:

7. Quipper School

Quipper School menawarkan cara belajar inovatif untuk proses belajar mengajar. Platform yang berdiri pertama kali di London, Inggris pada tahun 2010 ini menyediakan pilihan ribuan topik yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Platform ini mudah mendukung guru untuk mengelola tugas dan pekerjaan rumah yang lebih efektif. Sehingga, guru dapat mengenali kekuatan dan kelemahan siswa lebih mudah.
Quipper School menawarkan cara belajar inovatif untuk proses belajar mengajar. Tersedia secara online, pilih ribuan topik yang tersedia dan gunakan sesuai kebutuhan. Nikmati pengalaman belajar seru dengan video animasi, latihan soal lengkap dan Super Teachers berkualitas di Quipper Video. Tersedia pula ribuan video pelajaran dan latihan soal lengkap sesuai kurikulum nasional yang berlaku untuk persiapan UN SMP, UN SMA, SBMPTN dan ujian reguler di sekolah.
Melalui Quipper School bisa tanya soal langsung ke tutor dan konsultasikan rencana akademis dengan pembimbing terbaik di Quipper Video Masterclass. Siswa juga dapat menikmati layanan Quipper School untuk mengerjakan tugas dari guru secara online.
Selain melalui website reminya, Anda juga dapat mendownload aplikasi Quipper School di sini:

 

8. Ruangguru

Saya yakin Ruangguru sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ruangguru merupakan layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. Ruangguru menyediakan Sekolah Online Gratis selama masa pandemi covid-19. Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang dapat dimanfaatkan selama 1 bulan ke depan di aplikasi Ruangguru
Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Rungguru telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. Langsung saja berikut ini link ruangguru untuk dapat Anda download:

9. SekolahMu

Sekolahmu merupakan platform berbasis teknologi dan kolaborasi untuk menyediakan program belajar, yang mendukung  sistem blended learning dilaksanakan. Pada program Belajar Tanpa Batas, Sekolahmu menyediakan live streaming mata pelajaran dengan jenjang yang telah disediakan. SekolahMu menumbuhkan kompetensi pada semua dan setiap anak di berbagi usia dan jenjang. SekolahMu menjadi simpul kolaborasi ratusan sekolah dan organisasi yang telah dikurasi untuk berkarya, menyediakan program-program kurikulum yang sesuai kebutuhan.
Sekolahmu menumbuhkan kompetensi pada semua dan setiap anak diberbagai usia dan jenjang. Sekolahmu menjadi simpul kolaborasi ratusan sekolah dan organisasi yang telah dikurasi untuk berkarya, menyediakan program-program kurikulum yang sesuai kebutuhan.
Sekolahmu, untuk solusi atas kebutuhan pendidikan yang lebih baik dan fleksibel. Dengan menggabungkan metode online dan offline. Sekolahmu hadir untuk menghadirkan beragam program yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunanya, mulai dari kebutuhan pendampingan belajar secara online, meningkatkan kemampuan belajar untuk daya saing dan memenuhi kebutuhan kompetensi demi mencapai tujuan yang kamu impikan.
Berikut ini aplikasi yang dapat Anda download secara gratis melalui playstore:

 

10. Zenius

Zenius memiliki program Belajar Mandiri di Rumah #BisaBareng dengan menyediakan puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk jenjang SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi. Selain itu siswa dapat mengakses materi belajar lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI, dan UTUL UGM. Konten-konten yang disediakan pada program ini dapat diakses secara gratis.
Untuk Anda yang belum mau ujian, Anda bisa memilih materi yang Anda mau pelajari di mana aja dan kapan aja Anda mau. Anda bisa ulang terus sesuka hati dan latihan soal sampai kamu benar-benar paham. Untuk Anda yang baru memakai Zenius, Anda bisa mulai dengan menonton video-video dalam menu insight yang berisi motivasi, cara belajar efektif, manajemen waktu, dll.
Zenius menghadirkan aplikasi dengan video pembelajaran berkualitas yang bisa kamu akses bebas biaya. Sejak 2004, Zenius telah menjadi andalan bagi banyak murid-murid di Indonesia untuk membantu mereka dalam belajar. Tak hanya itu, Zenius juga telah terbukti berhasil mengantarkan banyak murid-muridnya dalam memasuki kampus impiannya.
Menjawab kebutuhan belajar masa kini, Zenius App hadirkan berbagai fitur yang dapat menunjang proses belajarmu. 80.000+ video materi pelajaran yang disajikan oleh tutor-tutor lulusan universitas ternama dari dalam dan luar negeri. Ratusan ribu soal beserta video pembahasan yang bisa kamu unduh dengan bebas sebagai teman belajarmu. Materi pelajaran lengkap mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA dan SMK yang bisa kamu akses setiap waktu dari kurikulum KTSP, K-13 dan K-13 revisi.
Download Aplikasinya melalui link dibawah ini:

11. Cisco webex

Cisco Webex adalah teknologi kolaborasi yang dapat digunakan sebagai media tatap muka virtual antara guru dan murid. Guru akan mengajar seperti biasa melalui Video – termasuk berbagi konten presentasi dan berinteraksi dengan papan tulis digital melalui layar komputer/smartphone. Selain itu, Cisco Webex juga menyediakan ruang kelas digital berbasis messaging – sehingga guru dan murid dapat tetap berdiskusi dan berbagi materi melalui fitur group chat di Cisco Webex Teams yang  disediakan.

Itu tadi beberapa aplikasi bermanfaat yang dapat manfaatkan guru dan murid untuk pembelajaran daring/online. Beberapa link aplikasi yang saya bagikan rata-rata mengarah di aplikasi android atau playstore, namun bukan kemudian aplikasi tersebut hanya tersedia di android. Anda bisa juga mencari secara mandiri melalui Appstore dengan kata kunci nama pembelajaran tersebut.

Akhirnya, mudah-mudahan artikel yang saya bagikan ini bermanfaat. Jika teman-teman ada rekomendasi pembelajaran daring yang lebih baik lagi mohon sekiranya membagikan informasi tersebut melalui kolom komentar di bawah. Mari kita saling diskusi agar mendapatkan proses pembelajaran yang menarik dan efektif.

Sumber: https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Satu pemikiran pada “Daftar 10+ Aplikasi Pembelajaran Daring yang Disarankan Kemendikbud”

Tinggalkan Balasan