Melihat Kata Sandi/Password yang Tersimpan di Chrome

Kecanggihan Google Chrome dalam membuat Browser terkadang membuat kita lemah, salah satunya adalah lemah dalam mengingat ingat.

Firdaus, 2020.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa hampir semua browser memberikan fasilitas untuk meyimpan akun beserta password kita. Namun terkadang, karena saking seringnya kita menggunakan fasilitas password yang sudah terienskrip menjadikan kita lupa apa password kita yang dulu buat login. Biasanya kondisi sadar ini dialami ketika kita mau mencoba login menggunakan komputer/laptop yang berbeda.

Karena kondisi lupa tersebut membuat kita mencari tau apa password yang tersimpan di dalam browser kita. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana melihat password yang tersimpan di dalam browser chrome, atau sering disebut google chrome. Mungkin lain waktu saya akan berikan tutorial bagaimana melihat akun atau password di browser Mozilla, Microsoft Edge, dan lainnya.

Daftar isi:

Tutorial

1) Klik di simbol menu pojok kanan atas. Bentuk simbol menunya seperti titik tiga sejajar vertikal. Kemudian klik Settings. Kurang lebih seperti gambar berikut ini

Melihat Kata Sandi/Password yang Tersimpan di Chrome |

2) Selanjutnya masuk di halaman manajemen password. Ada 2 cara untuk masuk di management password. Pertama Anda bisa menuliskan saja di kolom Search settings. Cara ini biasanya lebih mudah, namun harus tau kata kuncinya. Karena kita sudah mengetahui kita akan masuk di settingan kata sandi, kita bisa menuliskan saja dengan kata kunci password. Nanti pada bagian Autofill akan di tunjukkan halaman pengaturan password. Kurang lebih seperti gambar berikut ini:

Melihat Kata Sandi/Password yang Tersimpan di Chrome |

Cara kedua adalah dengan masuk saja di bagian menu Autofill yang terdapat di bagian sidebar kiri, kemudian klik Password.

Melihat Kata Sandi/Password yang Tersimpan di Chrome |

3) Pilih website apa yang ingin Anda lihat passwordnya. Jika Anda menyimpan banyak akun di browser mungkin akan susah untuk mencarinya. Dalam hal ini maka solusinya Anda bisa melakukan search password. Contoh dalam tutorial ini saya ingin mencari password dari akun Twitter.

Melihat Kata Sandi/Password yang Tersimpan di Chrome |

4) Klik tombol mata. Setelah kita menemukan website mana yang ingin dilihat akunnya, kemudian klik simbol mata di bagian sebelah password. Kurang lebih terlihat seperti gambar berikut:

Melihat Kata Sandi/Password yang Tersimpan di Chrome |

5) Masukkan akun Windows Security Anda. Pada bagian ini Anda harus memasukkan akun, biasanya yang di gunakan akun ketika login ke Windows/komputer kita. Anda juga bisa menemukan pilihan dengan menekan More choices. Dan pilih cara login yang bisa Anda gunakan.

Melihat Kata Sandi/Password yang Tersimpan di Chrome |

Jika sudah Anda lakukan, maka seketika password dapat Anda lihat.

Kesimpulan

Permasalahan yang sering dialami adalah ketika kita ingin memasukkan Windows Security. Chrome tidak salah dalam hal ini, karena mereka berusaha untuk melindungi akun privasi kita.

Jika Anda bingung windows security nya, Anda bisa coba dengan login ke akun Microsoft yang sudah Anda daftarkan Windows. Banyak opsi disini. Jika masih bingung silahkan tulis saja di kolom komentar, barangkali saya atau teman yang lain yang membaca bisa membantu.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan