Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Membuat Objek Sejajar di Affinity Designer

1 min read

Membuat Objek Sejajar di Affinity Designer

Membuat objek yang rapi dan presisi merupakan hal yang wajib di ketahui oleh seorang desainer. Jangan sampai objek yang kita tempatkan di dalam sebuah Atrboard terkesan sembarang dan tidak mengedepankan simetrisme (kata buatan saya sendiri).

Dalam membuat sejajar objek agar terlihat rapi, ada beberapa cara. Dalam tutorial kali ini saya memberikan setidaknya dua cara bagaimana agar objek yang kita buat bisa sejajar dan presisi.

Dengan Snapping

Fitur snapping yang ada di Affinity Designer digunakan sebagai garis bantu kepada kita agar menempatkan objek biar lebih rapi. Garis bantu ini akan terlihat saat objek kita geser. Default-nya fitur ini belum aktif saat Anda pertama kali install. Jadi Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya sangatlah mudah, Anda tinggal klik saja icon Snapping di bagian toolbar atas. Gambar icon seperti gambar magnet. Kurang lebihnya seperti gambar di bawah ini

Membuat Objek Sejajar di Affinity Designer |

Misal disini saya akan menggeser sebuah kotak untuk saya sejajarkan dengan dengan objek lingkaran. Saya tinggal menggeser-geser saja objeknya dan nanti akan di bantu oleh garis bantu.

Membuat Objek Sejajar di Affinity Designer |

Garis bantu ini juga sifatnya seperti magnet dan melekat ya. Ada saatnya nanti ketika Anda mendesain Anda ingin menonaktifkan fitur ini.

Dengan Alignment

Fitur Alignment ini mungkin tidak begitu asil bagi teman-teman yang terbiasa menggunakan aplikasi desain lain. Kita tinggal meng-select objek tersebut kemudian kita tinggal klik akan di geser kemana objek tersebut.

Fitur Alignment terdapat juga di bagian toolbar atas. Bentuk icon-nya kurang lebih seperti ini:

Membuat Objek Sejajar di Affinity Designer |

Untuk menggunakannya Anda select saja satu atau beberapa objek, kemudian Anda pilih mau di sejajarkan horizontal atau vertikal. Kalau saya pribadi hampir tidak pernah memperhatikan tulisan vertikal atau horizontal. Anda cukup melihat bentuk gambar yang saya beri garis kotak di atas maka sudah terlihat. Jika Anda penasaran silahkan coba-coba saja, nanti terbiasa.

Baca Juga:  Menampilkan Tombol/Toolbox yang Hilang di Inkscape

Fitur yang saya kotak diatas sebetulnya juga ada di halaman toolbar atas langsung ya. Anda tidak perlu klik gambar panah itu. Fitur ini aktif saat Anda select objek. Berikut ini tampilannya:

Membuat Objek Sejajar di Affinity Designer |

Oke itu saja barangkali tutorialnya, mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada yang perlu di diskusikan jangan ragu untuk menulis di kolom komentar.

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Tinggalkan Balasan