Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Menampilkan Video YouTube di Presentasi PowerPoint

1 min read

menampilkan video youtube di slide powepoint

Kadangkala saat kita sedang melakukan presentasi, kita membutuhkan sebuah video untuk menampilkan informasi penting tambahan. Video bisa berasal dari komputer kita sendiri maupun dari media lain yang sudah terpasang online.

Cara untuk menampilkan video saat presentasi sih sebetulnya kita bisa melakukan dengan cara mencari video tersebut berasal, namun itu membutuhkan waktu dan kadangkala terjadi kendala saat kita harus pindah jendela aplikasi.

Kelebihan dari tutorial yang akan saya berikan nanti, adalah diharapkan video sudah langsung tertanam di dalam slide presentasi kita tanpa harus keluar dari jendela aplikasi. Sehingga ini lebih efektif dan mengurangi kendala.

Sebelumnya saya pernah memberikan tutorial bagaimana cara menampilkan video yang dimana video tersebut berada di dalam komputer atau laptop kita. Kelebihannya juga sama, yaitu video langsung tertanam di dalam slide aplikasi PowerPoint kita. Jika Anda tertarik untuk mengikutinya silahkan kunjungi link berikut di sini. Tutorial sudah saya buatkan dalam bentuk video.

Khusus dalam tutorial kali ini, saya akan memberikan langkah-langkah memasukkan video di dalam Slide presentasi kita yang dimana video tersebut berasal dari YouTube. Kita hanya membutuhkan alamat link video tersebut, dan tidak perlu harus login ke akun Youtube kita.

Sebetulnya tidak hanya terbatas untuk video Youtube saja ya, namun juga bisa video yang berasal dari Vimeo. Namun karena masyarakat kita lebih familiar dengan Youtube jadi saya hanya memberikan tutorial dari Youtube saja, meskipun tutorialnya sama saja.

Berikut ini langkah-langkahnya

Daftar isi:

Tutorial

1) Buka aplikasi PowerPoint

2) Klik Insert lalu klik Get Add-ins, cek gambar dibawah ini untuk melihat dengan detail.

Menampilkan Video YouTube di Presentasi PowerPoint |

3) Masukkan kata kunci Web Video Player di dalam kolom pencarian atau dibagian Search. Anda juga bisa scroll ke bawah untuk mencarinya.

Menampilkan Video YouTube di Presentasi PowerPoint |

4) Klik Add.

Baca Juga:  Aplikasi Alternatif Terbaik Pengganti Microsoft Office

5) Klik Continue.

Menampilkan Video YouTube di Presentasi PowerPoint |

6) Masukkan URL dari video Youtube yang akan kita tampilkan pada Slide presentasi kita. Jika Anda menggunakan fitur premium Anda juga bisa fleksibel untuk mengatur kapan video itu di mulai dan kapan video berakhir, Anda juga bisa mengatur apakah video akan play otomatis atau tidak. Jika Anda tidak menggunakan fitur premium maka ceklis tidak bisa aktif.

Menampilkan Video YouTube di Presentasi PowerPoint |

7) Klik Set Video. Maka seketika video Youtube sudah langsung tampil di dalam slide presentasi PowerPoint kita. Ohya kita juga bisa mengatur besar kecilnya video sesuai dengan keinginan.

Kesimpulan

Perlu Anda ketahui, untuk menambahkan Add-ins di dalam Microsoft Word, kita membutuhkan koneksi internet. Jika tidak maka Add-ins tidak dapat diakses. Termasuk diantaranya saat melakukan play video saat presentasi, ini juga membutuhkan koneksi internet.

Jika penjelasan diatas masih kurang jelas, saya telah membuatkan tutorial dalam bentuk video, silahkan tonton video di bawah ini:

Thoha Firdaus Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru

Tinggalkan Balasan