3 Cara Edit Tulisan di PDF, GRATIS!

PDF merupakan kepanjangan dari Portable Document Format. File PDF biasanya file baku yang sebetulnya sudah tidak dapat di ubah-ubah lagi. Namun ada beberapa aplikasi yang mendukung untuk mengedit PDF ini, hanya saja rata-rata fitur editor PDF ini biasanya berbayar atau di premium-kan. Sebut saja salah satunya adalah Adobe PDF.

Cara Edit PDF

Di sini saya akan bagikan ke kalian cara atau beberapa aplikasi alternatif agar kita dapat mengedit file tulisan kita di PDF. Berikut ini adalah beberapa listnya:

Menggunakan Aplikasi Editor Desain Grafis

Alternatif yang satu ini mungkin di sebagian orang ragu ternyata aplikasi editor grafis bisa melakukan edit PDF. Hampir semua aplikasi editor grafis bisa melakukan edit PDF. Sebut saja CorelDRAW, AdobeIlustrator, Affiniti Designer, dll.

Loh itu kan aplikasi berbayar semua?

Tenang saja saya juga sudah membuat beberapa list aplikasi grafis yang gratis, beberapa diantaranya adalah Inkscape, dan LibreOffice Draw.

Inkscape adalah aplikasi desain grafis yang mirip dengan aplikasi corel draw. Biasanya ini dipakai oleh beberapa orang untuk mendesain, menggambar, membuat banner, desain cover buku dll. Namun tidak hanya itu, file PDF juga bisa terbuka di aplikasi ini.

Cara melakukannya juga cukup mudah, teman-teman tinggal seret dan lepaskan saja di lembar kerja aplikasi tersebut. Setelah itu tinggal di edit dan di sesuaikan kemudian di simpan lagi dalam bentuk PDF. Berikut ini salah satu contohnya:

Memasukkan pdf di inkscape

Sedangkan LibreOffice Draw merupakan fitur menggambar yang dimiliki oleh aplikasi LibreOffice (alternatif aplikasi microsoft office). Caranya juga cukup mudah tinggal seret dan lepaskan di lembar kerja.

Menggunakan Editor PDF Online

Banyak sekali sebetulnya penyedia website yang memberikan layanan untuk melakukan edit PDF. Namun sebagian besar atau rata-rata hanya bisa menambahkan komponen seperti tulisan, gambar, garis dll dan tidak bisa melakukan edit tulisan.

Namun kemudian saya menemukan salah satu website yang sudah cukup lengkap, dan kita bisa memanfaatkan ini untuk mengedit tulisan PDF kita. Anda bisa mengunjungi website Sejda, atau silahkan klik link disini.

3 Cara Edit Tulisan di PDF, GRATIS! |

Untuk cara penggunaanya cukup mudah, Anda tinggal mengupload file PDFnya, atau dengan menseret file PDF tersebut di dalam website. Setelah itu sudah, Anda tinggal edit saja di browser tersebut secara online. Berikut ini contoh ketika saya sedang edit file PDF:

3 Cara Edit Tulisan di PDF, GRATIS! |

Untuk melakukan penyimpanan, Anda klik tombol warna hijau dibawah editan PDF bertuliskan Aplikasikan perubahan.

Menggunakan Microsoft Office Word

Microsoft Office Word memang bukan aplikasi gratis. Namun setidaknya aplikasi ini sudah umum digunakan di laptop/komputer, jadi Anda tidak perlu membeli aplikasi tambahan.

Memang bisa microsoft word membuka file PDF? Jawabannya bisa.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal seret dan lepaskan file PDF tersebut di lembar kerja microsoft word. Ohya ini penting, yaitu kapan waktu tepat Anda menseret dan melepaskan file PDF tersebut di dalam aplikasi Microsoft Word? Yaitu terlebih dahulu Anda klik File => kemudian New.

3 Cara Edit Tulisan di PDF, GRATIS! |
Pada kondisi ini Anda melakukan seret dan melepaskan file PDF

Setelah itu akan ada notifikasi yang meminta agar file tersebut di Convert ke file word. Anda klik OK saja.

3 Cara Edit Tulisan di PDF, GRATIS! |
Konfirmasi untuk melakukan Convert.

Perlu untuk di ketahui cara ini memang berhasil, namun terkadang kita harus memeriksa lagi beberapa detail isi dalam pdf, dan pastikan tidak ada beberapa konten yang terhapus atau mengubah layout setelah di lakukan Convert.

Selanjutnya setelah selesai kita edit tinggal menyimpan ulang saja file Convert tadi ke file PDF.

Penutup

Itu tadi 3 cara bagaimana kita bisa edit file PDF dengan cara gratis. Jika teman-teman ada alternatif lain jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Ohya selain bisa digunakan untuk mengedit tulisan PDF, kita juga bisa menambahkan tanda tangan kita di PDF menggunakan tiga alteratif tersebut. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat..

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Satu pemikiran pada “3 Cara Edit Tulisan di PDF, GRATIS!”

Tinggalkan Balasan