Cara Menggabungkan Data Sel di Excel Menjadi Satu

Di artikel ini saya memberikan tutorial bagaimana cara mudah kita untuk menggabungkan data excel yang ada di dalam sel menjadi satu. Sel di Microsoft Office Excel tau ya? Yaitu kotak-kotak yang banyak di dalam excel.

Bisanya ketika kita menginputkan sebuah data di excel terkadang akan berbeda sel. Mungkin ada di suatu kondisi kita ingin isi data di dalam sel tersebut menjadi satu sel/kalimat saja.

Secara manual kita bisa lakukan dengan cara mengcopy/salin isi data tersebut lalu kemudian kita pindahkan/paste ke dalam sel satunya. Jika data ini hanya satu atau dua saja mungkin tidak masalah, namun bagaimana jika data ini ada banyak? Tentu sangat merepotkan.

Jika Anda mengalami kondisi di atas, tenanglah sejenak. Silahkan lihat tutorial di bawah ini, mudah-mudahan dapat menyelamatkan hidup Anda dari kesusahan masalah di atas. Baiklah tanpa berlama-lama berikut ini langkah-langkahnya:

Tutorial Menggabungkan Data Sel Menjadi Satu di Excel

Sebelumnya saya asumsikan sebuah data sebagai berikut:

Cara Menggabungkan Data Sel di Excel Menjadi Satu

Data di atas terbagi menjadi 2 sel, sel pertama adalah tempat lahir sedangkan sel ke dua tanggal lahir. Nantinya saya ingin data tersebut menjadi satu sebagai tempat tanggal lahir yang dipisahkan oleh koma saja. Berikut ini langkah-langkah cara menggabungkan sel:

Pada sel yang kosong, masukkan kode berikut =G7&", "&H7

Ganti warna hijau dengan sel pertama, dan ganti warna orange menjadi sel ke dua. Bagian petik awal dan petik akhir Anda bisa membuat pemisah. Salah contoh di atas saya buat pemisah koma kemudian spasi (, ) agar pemisahnya lebih rapi. Untuk mengetahui lebih detail, silahkan lihat gambar gif berikut:

Cara Menggabungkan Data Sel di Excel Menjadi Satu

Selanjutnya, jika ingin menerapkan ke semua baris, silahkan klik pojok kanan bawah pada sel yang sudah dibuat tadi lalu seret ke bawah.

Tutorial Video

Jika penjelasan di atas masih kurang jelas, silahkan lihat tutorial Cara Menggabungkan Data Sel di Excel Menjadi Satu di bawah ini:

Penutup

Itulah tadi tutorial cara menggabungkan data sel di excel dengan mudah. Sebetulnya yang kita lakukan adalah dengan memisahkan sel tersebut dengan tanda &. Jika ada yang perlu didiskusikan jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Satu pemikiran pada “Cara Menggabungkan Data Sel di Excel Menjadi Satu”

Tinggalkan komentar