Cara Membuat Header Tabel di Excel – Tampilan Rapi

Di tutorial ini saya membagikan sebuah cara bagaimana membuat header tabel di Microsoft Excel dengan mudah, sehingga tampilan tabel terlihat lebih rapi untuk di pandang. Setelah sebelumnya saya membuat tutorial tentang Cara Membuat Watermark di Excel.

Excel merupakan dokumen yang biasanya digunakan untuk menyimpan sebuah data. Baik berupa data tabel maupun data acak. Mungkin Anda pernah mengalami sebuah keadaan dimana mempunyai sebuah data yang cukup banyak dan tampilan terlihat begitu tidak rapi.

Umumnya yang biasa orang lakukan dalam membuat tabel adalah dengan membuat border/garis tepi. Padahal di excel ada sebuah fitur untuk menampilkan tampilan data di tabel menjadi lebih rapi dari biasanya. Nantinya di setiap tabel kita juga bisa menentukan bagian mana yang termasuk header/kepala tabel.

Fitur lainnya yang bisa kita dapatkan adalah, kita juga bisa melakukan filter baris mana yang kita ingin tampilkan dan mana yang akan kita sembunyikan. Selain itu kita juga bisa mengatur urutan berdasarkan kolom tabel.

Membuat Tabel Rapi dengan Tampilan Header

Membuat tampilan tabel di Excel sangatlah mudah, kita cukup melakukan 2 langkah saja maka seketika tampilan tabel di excel menjadi rapi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Seleksi Tabel yang akan kita rapikan tampilannya.
  2. Klik Insert > Table
Cara Membuat Header Tabel di Excel - Tampilan Rapi
  1. Centang pada bagian My table has headers jika Anda sudah memiliki header pada tampilan tabel yang Anda sudah buat.
Cara Membuat Header Tabel di Excel - Tampilan Rapi

4. Klik OK, kemudian silahkan lihat hasilnya. Berikut hasil milik saya:

Cara Membuat Header Tabel di Excel - Tampilan Rapi
Jika Anda perhatikan pada tampilan header terdapat tanda panah kebawah. Jika Anda klik maka ada beberapa pilihan yang bisa Anda atur untuk melakukan filter sebuah baris data atau melakukan urutan baris data berdasarkan data info kolom.

Mengganti Warna Desain Tabel

Secara default, desain warna yang di hasilkan tabel berwarna biru. Sebenarnya kita bisa mengatur warna lain, sehingga tampilannya sesuai dengan yang kita inginkan. Caranya cukup mudah berikut ini langkah-langkah mengganti desain warna tabel:

  1. Klik sembarang pada bagian tabel yang sudah Anda buat tadi.
  2. Klik Table Design
  3. Pilih desain warna yang Anda inginkan.
Cara Membuat Header Tabel di Excel - Tampilan Rapi

Penutup

Itulah tadi langkah-langkah bagaimana cara membuat tabel menjadi rapi dengan tampilan header di setiap kolom. Selain rapi, tampilan tabel juga menjadi lebih bewarna sehingga mempermudah untuk melihat data. Kita juga mengatur warna desain tabel sesuai dengan yang kita inginkan.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

PENTING: Bantu kami memblokir iklan yang berbau sensitif dan pornografi dengan mengirimkan screenshot ke email: mail[et]thoha.id.

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Header Tabel di Excel – Tampilan Rapi”

Tinggalkan komentar