Menghitung Kumulatif Jumlah Data yang Sama di Excel

Di artikel ini saya menjelaskan tutorial langkah-langkah bagaimana cara menghitung jumlah data yang sama di Microsoft Office Excel. Sebelumnya saya pernah membuat tutorial tentang Cara Membuat Header Tabel di Excel – Tampilan Rapi dan Cara Membuat Watermark di Excel.

Mungkin ada di antara kita dimana kita dihadapkan kepada kondisi untuk menghitung jumlah data yang sama di dalam Excel. Misal dilingkungan pendidikan, Anda ingin melihat berapa mahasiswa yang lulus di data excel. Taukah Anda di excel ada fungsi bagaimana cara menghitung itu.

Tutorial Menghitung komulatif jumlah data yang sama di Excel

Berikut ini langkah-langkah cara menghitung jumlah data yang sama di Excel

  1. Tentukan Cell/sel yang akan kita gunakan
  2. Masukkan fungsi berikut
=COUNTIF(range;criteria)

Range atau tulisan bewarna merah, Anda ubah Range/rentang sesuai bagian Cell/sel yang akan di cari datanya, misalnya Range C15:C22. Kemudian bagian criteria atau tulisan bewarna biru Anda ubah data yang ingin cari jumlahnya.

Catatan: Jika criteria berupa data huruf, Anda wajib memasukkan tanda kutip di awal dan di akhir kata. Jika criteria berupa angka, maka tidak perlu menggunakan tanda kutip.

Berikut ini contoh dalam penggunaan COUNTIF

Menghitung Komulatif Jumlah Data yang Sama di Excel

Tutorial Video

Jika informasi di atas masih ada yang belum paham, silahkan ikuti tutorial berikut ini:

Penutup

Itulah tadi langkah-langkah bagaimana cara mencari jumlah data/kata yang sama di Excel. Untuk melakukan itu, kita memerlukan fungsi COUNTIF. Perlu untuk diketahui bahwa data yang di cari harus satu isi di dalam Cell/sel. Tidak bisa kata di dalam isi Cell. Mudah-mudahan bisa di pahami..

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar