Cara Membuat Watermark di Excel

Pada artikel ini saya memberikan tutorial lengkap bagaimana membuat watermark di excel dengan mudah. Pada artikel sebelumnya saya juga sudah pernah membuat tutorial bagaimana Cara Membuat Watermark di Word.

Di sana juga saya menjelaskan bahwa Watermark jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah Tanda Air. Namun secara istilah adalah tanda dalam kertas (misalnya pada manuskrip, uang kertas) yang hanya tampak samar-samar jika kena sinar (Sumber: KBBI). Intinya adalah menampilkan sebuah tanda di dalam setiap lembar dokumen yang biasanya bertuliskan atau bergambar samar di belakang tulisan.

Membuat watermark di Excel berbeda dengan membuat watermark di Word. Di Ms Word membuat watermark lebih mudah, karena sudah tersedia fitur atau fasilitas sendiri untuk membuatnya. Jika di Excel membutuhkan teknik tertentu.

Berikut ini panduan bagaimana cara membuat watermark di Microsoft Office Excel. Pastikan Anda melihat urutan langkah-langkahnya.

Memasukkan Watermark di Excel

Trik yang saya berikan ini, watermark harus beruba gambar ya. Jika Anda ingin berupa tulisan, saran saya ubah saja dulu tulisan tersebut menjadi gambar.

Berikut ini langkah-langkah memasukkan Watermark di dalam Excel:

  1. Klik menu View > Page Layout. Fungsi ini digunakan untuk menampilkan lembar dokumen berupa halaman-halaman yang bakal tercetak.
Cara Membuat Watermark di Excel
  1. Klik pada bagian Add header
  2. Klik Header & Footer. Jika menggunakan office yang lama, menu masih bertuliskan Design.
  3. Klik Picture.
Cara Membuat Watermark di Excel
  1. Jika file gambar berada di dalam drive komputer/laptop Anda, silahkan pilih saja pencarian gambar pada bagian From a file. Kemudian masukkan gambar yang bakal nanti tampil sebagai watermark.
  2. Tekan Enter sampai ke bawah, agar posisi watermark nantinya berada di bawah. Jumlah enternya di sesuaikan saja dengan posisi yang ingin di tampilkan.
Cara Membuat Watermark di Excel
  1. Untuk melihat hasil tampilan watermark, klik sembarang pada bagian sel. Hasilnya sebagai berikut:
Cara Membuat Watermark di Excel

Modifikasi Tampilan Watermark

Agar tampilan lebih menyatu dengan dokumen, saran saya kita ubah juga ukuran, kecerahan dan opacity dari gambar. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Klik Header dokumen
  2. Klik Header & Footer, atau menu Design untuk versi yang lama.
  3. Klik Format Picture
Cara Membuat Watermark di Excel
  1. Pada bagian menu tab Size, silahkan sesuaikan saja ukuran dari gambar watermark Anda. Saran saya sebaiknya Anda centang pada bagian Lock aspect ratio untuk mengunci rasio ukuran, selanjutnya tinggal Anda ubah Height, maka nantinya semua ukuran akan mengikuti.
Cara Membuat Watermark di Excel
  1. Pada bagian Picture, silahkan ubah tampilan pada bagian Image control. Anda bisa mengubah Brightness dan Contras, namun saran saya agar lebih cepat Anda bisa ubah saja bagian Color menjadi Washout, maka semua akan mengikuti.
Cara Membuat Watermark di Excel
  1. Klik OK dan silahkan lihat hasilnya. Berikut ini tampilan dari hasil watermark saya:
Cara Membuat Watermark di Excel

Tutorial Video Cara Membuat Watermark di Excel

Jika tutorial di atas masih ada yang bingung, silahkan simak tutorial video saya berikut ini:

Penutup

Itulah tadi langkah-langkah bagaimana cara membuat watermark di dalam Microsoft Office Excel. Pada intinya trik yang kita lakukan adalah menaruh gambar yang akan kita jadikan watermark di dalam struktur header, lalu kita atur posisi gambarnya ke tengah dokumen.

Jika ada yang perlu di diskusikan, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar.

Photo of author

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, nulis di blog, buat video youtube, mencari hal yang baru.

Facebook Twitter Instagram Youtube

Tinggalkan komentar