Mengubah Kamera HP Jadi Webcam

Kebutuhan kamera laptop saat ini menjadi sebuah hal yang paling wajib. Dulu kamera laptop (webcam) jarang sekali di gunakan. Namun saat ini sepertinya sering sekali dimanfaatkan. Hal ini tidak lain karena tuntutan kondisi yang membuat kita harus memakainya. Apalagi jika latar belakang kita ada di dunia pendidikan seperti guru, siswa/mahasiswa, tenaga pendidik. Tidak hanya itu kantor-kantor juga sering membutuhkan ini untuk kegiatan meeting atau rapat.

Bahkan orang yang baru ingin mendaftarkan diri untuk bekerja saat ini interviu dilakukan menggunakan daring. Yes, daring.. inilah kebutuhan yang paling banyak digunakan.

Alasan Membutuhkan Webcam Eksternal

Adapun mengapa kita masih membutuhkan webcam eksternal, padahal webcam laptop sudah ada, biasanya alasannya sebagai berikut:

  • Resolusi kamera yang kurang baik.
  • Karena sebelumnya jarang menggunakan wabcam sehingga kamera jadi kurang terurus dan menghasilkan tampilan yang buruk atau bahkan rusak.
  • Umumnya menggunakan komputer yang dimana komputer memang tidak menyediakan wabcam internal.

Persiapan Mengubah HP jadi Webcam

Sebelum kita memulai tutorialnya, ada baiknya kita mempersiapkan alat tempurnya terlebih dahulu. Berikut ini apa-apa saja yang perlu dipersiapkan:

  • HP Android atau IOS.
  • Laptop atau Komputer
  • Aplikasi Droidcam di laptop atau di komputer

Download Aplikasi DroidCam di HP dan di Laptop/Komputer

Meskipun nama aplikasi ini adalah DroidCam namun bukan berarti aplikasi ini hanya bisa digunakan di Android. Aplikasi ini juga dapat di manfaatkan untuk pengguna IOS. Aplikasi ini sudah tersedia gratis di PlayStore (Google Play) dan App Store. Berikut link/tombol untuk mendownload aplikasinya

Sedangkan untuk laptop atau PC, sepengetahuan saya hanya bisa digunakan untuk pengguna Windows dan Linux. Saya kurang tau apakah bisa digunakan di Mac juga (koreksi jika salah). Untuk mendownload aplikasi ini di laptop silahkan ikuti link/tombol berikut:

Sebelum melanjutkan pada tahap tutorial, pastikan Anda telah selesai menginstal aplikasi DroidCam di HP dan di Laptop/Komputer kalian. Karena di sini saya tidak memberikan tutorial bagaimana cara instalnya.

Tutorial Mengubah HP menjadi Webcam

Ada 2 cara yang dapat kita lakukan. Bisa menggunakan sambungan Wifi dan juga menggunakan Sambungan USB. Keduanya sama-sama baik dalam menangkap dan menerima gambar kamera. Namun untuk sambungan USB jelas mempunyai hasil koneksi yang lebih stabil daripada menggunakan Wifi. Untuk tutorialnya berikut ini langkah-langkahnya:

Menyambungkan Kamera HP sebagai Webcam Via Wifi

Sarat utama saat menggunakan sambungan wifi adalah HP dan Laptop/komputer sama-sama harus terkoneksi dengan satu jaringan. Boleh laptop/komputer menggunakan LAN sebagai jaringan.

1). Buka aplikasi DroidCam di HP Anda.

2). Ingat dan catat Wifi IP dan Port pada yang tertera di tampilan HP.

Pengaturan DroidCam di HP

3). Buka Aplikasi DroidCam di Laptop/Komputer Anda.

4). Klik icon Wifi

5). Pastikan Device IP dan Port yang terdapat pada DroidCam komputer sama dengan yang ada dalam HP Anda. Jika belum maka silahkan di ubah terlebih dahulu.

Pengaturan DroidCam di Komputer WIFI

6). Sebelum klik Start pastikan video sudah tercentang. Untuk Audio silahkan disesuaikan, jika ingin mengambil audio yang bersumber dari HP, maka Anda centang pada bagian itu.

7). Klik Start dan kamera HP sudah berubah menjadi webcam.

Untuk contoh hasilnya lihat di bawah ya..

Menyambungkan Kamera HP sebagai Webcam Via USB

Langkah-langkah ini tidak jauh berbeda dengan cara menyambungkan via Wifi. Hanya saja ada pengaturan yang mungkin Anda harus perhatikan saat menyambungkan di USB.

Sebelum melanjutkan saya sarankan Anda untuk mengaktifkan Debugging USB terlebih dahulu. Jika dirasa menurut Anda ini sudah di aktifkan baru silahkan lanjutkan pada tutorial di bawah ini:

1). Sambungkan HP Anda dengan laptop/komputer menggunakan kabel USB.

2). Pastikan Anda mengubah pengaturan yang muncul pada bagian notifikasi bar sebagai Transfer File

Pengaturan USB

3). Buka aplikasi DroidCam di HP.

4). Catat Port yang muncul pada DroidCam HP

5). Buka aplikasi DroidCam di Laptop/Komputer.

6). Klik icon USB

7). Tekan icon Refresh dam tunggu sampai muncul device HP kita.

Pengaturan DroidCam di Komputer USB

8). Pastikan DroidCam Port sama dengan yang ada HP Anda. Jika belum maka ubah terlebih darhulu.

9). Sebelum klik Start pastikan video sudah tercentang. Untuk Audio silahkan disesuaikan, jika ingin mengambil audio yang bersumber dari HP, maka Anda centang pada bagian itu.

10). Klik Start dan kamera HP sudah berubah menjadi webcam.

Untuk contoh hasilnya lihat di bawah ya..

Cara Mengubah Kamera Depan HP jadi Webcam di DroidCam

Agar mudah memantau tampilan kamera yang muncul, sebaiknya kita ubah kamera depan HP kita menjadi webcam. Ini disarankan jika kamera depan Anda juga sama-sama mempunyai resolusi yang baik dengan yang ada pada kamera belakang. Default-nya pengaturan utama biasanya yang terpakai kamera belakang, namun kita bisa mengubah kamera depan. Berikut ini langkah-langkahnya:

1). Buka aplikasi DroidCam di HP Anda.

2). Pastikan Anda tidak sedang menjalankan cameranya sebagai webcam. Klik stop di layar komputer jika masih berjalan.

3). Tekan icon titik tiga di pojok kanan atas pada aplikasi DroidCam HP Anda.

4). Cari pengaturan Select Camera, dan ubah menjadi Front.

Mengubah kamera belakang jadi kamera depan

Kesimpulan

Setelah mengikuti tutorial di atas sekarang Anda dapat mengubah kamera smarphone/HP Android ataupun HP IOS Anda menjadi Webcam. Anda 2 cara untuk menyambungkan HP menjadi webcam, yaitu dengan menggunakan wifi dan yang satunya lagi menggunakan koneksi USB.

Selain itu pada bagian akhir juga telah diberikan tutorial bagaimana cara menggubah settingan kamera depan HP Anda menjadi webcam di laptop. Untuk contoh hasilnya silahkan lihat gambar dibawah ini:

Mengubah Kamera HP Jadi Webcam |

Mudah-mudahan ini bermanfaat, jika ada yang perlu di diskusikan jangan ragu untuk menulis di kolom komentar.

Thoha Firdaus

Seorang yang suka mengajar, menulis di blog, buat video YouTube, mencari hal yang baru.

Facebook | Twitter | Instagram | Youtube

Tinggalkan Balasan